Netizen: Hanya Fraksi PKS Yang Berani Tolak Israel di Piala Dunia U20 Indonesia, Yang Lain Mana???

[PORTAL-ISLAM.ID] Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendesak pemerintah untuk menolak kehadiran Timnas Israel berlaga di Piala Dunia U-20 yang akan digelar pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Hal ini disampaikan melalui akun Twitter resmi Fraksi PKS di DPR, @FPKSDPRRI pada Senin (6/3/2023).

Pada cuitannya, PKS mengungkapkan jika pemerintah menolak kehadiran Timnas Israel, maka sikap tersebut sama dengan yang dilakukan oleh Presiden pertama RI, Soekarno saat gelaran Asian Games tahun 1962.

"Saat Asian Games tahun 1962, Presiden Soekarno menolak kehadiran kontingen Israel. Soekarno beralasan Israel telah menjajah Palestina."

"Selayaknya, sikap yang sama ditunjukkan Pemerintah Indonesia pada gelaran Piala Dunia U-20 di tahun ini," tulisnya.

Selain itu, ada juga unggahan video yang menampilkan kutipan pernyataan dari anggota Komisi I DPR dari Fraksi PKS, Sukamta.

Pada video berdurasi 36 detik itu, Sukamta meminta agar pemerintah menolak kehadiran Timnas Israel agar pilihan Indonesia untuk mendukung kemerdekaan Palestina dinilai konsisten.

"Pemerintah jangan ragu dalam bersikap. Selama ini Indonesia konsisten dalam perjuangkan kemerdekaan Palestina, dari penjajahan Israel," kata Sukamta.

Selain itu, lanjutnya, penolakan hadirnya Timnas Israel di ajang Piala Dunia U-20 juga bentuk kekonsistenan pemerintah untuk menjalankan UUD 1945.

"Indonesia dihadapkan dengan pilihan yang sulit sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Namun pemerintah semestinya konsisten berpegang kepada amanat Pembukaan UUD 1945, yang menolak segala bentuk penjajahan," jelas Sukamta.

Diketahui, Soekarno memang dikenal mati-matian dalam membela kemerdekaan Palestina dari Israel.

Selain menolak kehadiran Israel di Asian Games 1962 Jakarta, Soekarno juga menolak mengucapkan selamat kemerdekaan dari negara yang beribukota di Yerusalem tersebut.

Sikap tegas PKS yang menolak Israel di ajang Piala Dunia U20 Indonesia ini mendapat apresiasi luas dari netizen.

Salah satunya oleh akun twitter Bagong @RagilSemar.

"Soal #TolakTimnasIsrael, Bagong baru nemu statement tegas dari @FPKSDPRRI. Kalau ada dari Fraksi Partai lain, silakan di-share. Masak PKS sendiri terus sih?" cuit akun Bagong @RagilSemar.

"Fraksi lain gak mungkin berani Om, kan mrk koalisi gemuk yg saling mendukung dan bersuara utk rezim meskipun melenceng kebijakannya. 🙄🤢," timpal akun @rahmaniarbaftim.

👇👇
Baca juga :