Surya Paloh Siap Cabut Capreskan Anies Jika Diperintah Jokowi, Video Lama Yang 'Digoreng' Buzzer

[PORTAL-ISLAM.ID] Ada media online (12/1/2023) membuat berita dengan judul "Surya Paloh Siap Cabut Capreskan Anies Jika Diperintah Jokowi".

Ketum Partai Nasdem Surya Paloh akan cabut Capreskan Anies Baswedan jika diperintahkan Jokowi untuk buktikan loyalitas pada koalisi pemerintah.

Ukur loyalitas Nasdem, kata Surya Paloh, Presiden tinggal perintahkan cabut Capreskan Anies, “Maka kita akan lakukan,” ungkapnya.

Video Ketum Nasdem Surya Paloh ingin buktikan loyalitas pada pemerintah beredar di jagat maya (12/1/2023), diunggah akun Twitter Tita @Tita83079013.

Surya Paloh merasa tidak melanggar etika koalisi pemerintah, “Apa karena Nasdem Capreskan Anies lalu kita dianggap tidak beretika?,” kata Ketum Nasdem ini.

Kalau memang karena itu, lanjutnya, Presiden tinggal perintahkan cabut Capreskan Anies, “Patuh apa tidak Nasdem. Kalau tidak patuh (loyal), baru sebut kita tidak beretika,” ungkapnya.

Sampai hari ini, kata Surya Paloh, belum ada perintah Presiden soal cabut Capreskan Anies, “Kalau itu yang diperintah Presiden akan kita buktikan,” tegasnya. 

***

BENARKAH DEMIKIAN?

Video yang diunggah akun buzzer twitter @Tita83079013 adalah potongan video lama pada 3 Oktober 2022, saat awal NasDem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Calon Presiden 2024.

Saat itu beberapa pihak menuding NasDem telah melanggar koalisi pemerintah karena telah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres.

Dalam video itu Surya Paloh menjawab berbagai tudingan-tudingan itu.

"Apa ada kesepakatan di koalisi (pemerintah) kita harus mencalonkan calon si A? Kalau calon si B itu melanggar (koalisi)? Kalau memang ada AD ART nya seperti itu (dalam kesepakatan koalisi pemerintah), lain cerita kan? Kecuali kalau Presidennya (Jokowi) bilang 'Saya gak cocok. Cabutlah itu jangan lah itu jadi Capresnya NasDem'. Itu lain ceritanya. Patuh gak NasDem? Kalau dia tidak patuh baru dibilang dia (NasDem) anti koalisi (Pemerintah), iya kan? Tapi kan kita belum denger itu dari Presiden," kata Surya Paloh kepada awak media. 

Potongan video itu lalu digoreng dengan judul "Surya Paloh Siap Cabut Capreskan Anies Jika Diperintah Jokowi" 😂😁

[VIDEO]