Perempuan Mencium Hajar Aswad

Perempuan Mencium Hajar Aswad

Oleh: Ustadz Ispirani bin Hamdan

Sudah menjadi anggapan umum, bahwa orang yang bisa mencium Hajar aswad punya nilai plus, apalagi biasanya yang pernah mencium menceritakan "kekaromahan" nya yang begitu mudah dan nyaman mencium Hajar Aswad tanpa sebarang kesusahan, makin amazing.

Terus bagaimana dengan perempuan?

Dalam kitab Fiqih dikatakan, perempuan tidak dianjurkan mencium hajar kecuali kalau area thawaf (mathaf) sepi, karena bisa menimbulkan mudharat bagi dirinya dan bagi lelaki lainnya.

Logikanya, selama di Indonesia saja tidak mau senggolan dan berhimpitan dengan lelaki yang bukan mahram, masa' didepan Ka'bah rela badannya behimpitan dan senggal senggol dengan lelaki non mahram, tentu lebih layak untuk menjaga kehormatan dirinya.

Bagaimana dengan Nabi dulu...?
Kalau tidak ramai, beliau cium Hajar Aswad, tetapi kalau agak ramai beliau usap dengan tangan beliau lalu tangan tsb beliau cium, kalau lebih ramai lagi beliau hulurkan tongkat beliau dan tongkat itu beliau cium, dan bila padat sekali beliau hanya memberikan isyarat seraya bertakbir.

Artinya Nabi sendiri tidak "ngotot" untuk mencium Hajar, padahal kalau beliau mau, sekedar berdehem saja dijamin sahabat akan mempersilakan beliau.

(*)
Baca juga :