Anies membuat bangga Indonesia! Untuk bisa Memberi Kuliah di Universitas kelas dunia seperti Oxford, Butuh lebih dari sekedar Elektabilitas katrolan lembaga survei 😁

Universitas Oxford merupakah perguruan tinggi riset yang terletak di Oxford, Oxfordshire, Inggris. Oxford memiliki model pengajaran, ilmu dan lulusan hebat yang menjadikan perguruan tinggi menjadi lembaga prestisius di dunia sekaligus rujukan bagi para pelajar.

Oxford (Universitas tertua ke-2 di dunia) termasuk universitas kuno Inggris yang memiliki kesamaan dengan Cambridge University, sehingga keduanya disebut dengan Oxbridge. Banyak alumni Oxford yang mendapatkan penghargaan interasional, seperti hadiah Nobel, Turing Award, dan sebagainya.

Dan yang jelas untuk bicara di forum internasional apalagi memberi kuliah di Universitas kelas dunia seperti ini butuh lebih dari elektabilitas tinggi, sekedar cantik dan berkharisma. 😁

Untuk bisa jadi mahasiswa di Oxford saja sulit, apalagi diundang untuk jadi dosen tamu, pasti butuh kualifikasi yang mumpuni dan benar-benar teruji.

Disamping kemampuan berbahasa Inggris yang sudah pasti fasih, penguasaan panggung yang prima, juga dibutuhkan knowledge yang kelas dunia pula.. 

Yang jelas kita ikut bangga..!

(T Gusmand)

Baca juga :