Anies Sumringah, 3 Parpol Koalisi Perubahan Sudah Sepakat Nama Bakal Cawapres yang Dipilih Anies

[PORTAL-ISLAM.ID] CIKEAS - Juru Bicara Tim 8 Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Sudirman Said mengatakan semua partai politik koalisi sudah sepakat mendukung pilihan nama bakal calon wakil presiden yang telah ditentukan Anies Baswedan.

Hal ini disampaikan Sudirman Said setelah pertemuan Anies Baswedan dan Tim 8 dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di kediamannya di Cikeas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Jumat malam, 25 Agustus 2023.

Sudirman mengatakan nama bacawapres Anies merupakan kewenangan Anies. Ia menegaskan pertemuan itu tidak lagi membicarakan soal bacawapres. Anies, kata dia, sudah mengantongi nama pendampingnya dan tiga partai politik sudah sepakat dengan pilihan Anies. 

“Artinya, hal itu sudah dianggap bukan lagi sebagai hal yang perlu dibicarakan. Jadi tinggal menunggu waktu yang baik untuk mengumumkan,” kata Sudirman usai pertemuan tiga jam di perpustakaan pendopo kediaman SBY. 

Sudirman mengatakan pertemuan Jumat malam membahas tahap pemenangan Anies. SBY, ucap Sudirman, berpesan persiapan awal itu sangat penting untuk dilakukan. Sudirman menuturkan SBY tidak memberikan tenggat waktu pengumuman bacawapres Anies.

“Kepada kami diberikan tugas untuk memikirkan waktu yang terbaik,” kata Sudirman. 

Pertemuan Anies, SBY, dan Tim 8 Koalisi Perubahan dimulai pada pukul 19.30 hingga 22.35 WIB. Dalam pertemuan tertutup selama sekira tiga jam itu, Anies juga menerima nasehat-nasehat dari Presiden ke-6 Republik Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, Partai Nasdem diwakili oleh Ketua DPP Partai Nasdem Sugeng Suparwoto dan Bendahara Partai Nasdem Ahmad Sahroni. Partai Demokrat diwakili oleh Teuku Riefky Harsya dan Iftitah. Sedangkan PKS diwakili oleh Wakil Ketua Majelis Syura PKS Mohamad Sohibul Iman dan Ketua DPP PKS Almuzzammil Yusuf.

Pertemuan ini digelar setelah Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh bertemu Anies dan anggota Tim 8 di Hotel Grand Hyatt Jakarta pada Kamis malam, 24 Agustus 2023.


Baca juga :