Sejarah Perang Salib, Mengapa Tentara Salib Menjarah Gereja Bizantium?

Sejarah Perang Salib, Mengapa Tentara Salib Menjarah Gereja Bizantium?

Sejarah Perang Salib adalah sejarah berdarah yang berlangsung selama hampir 2 abad, serangkaian perang agama di Asia Barat dan Eropa yang didukung sepenuhnya oleh Gereja Katolik Roma. Selama periode tersebut, setidaknya ada empat kampanye utama dalam sejarah Perang Salib.

Menurut World History, kampanye militer yang dikobarkan Gereja Katolik Roma, sejarah Perang Salib sebenarnya merupakan rangkaian ekspedisi militer untuk melawan peradaban Islam di Timur Dekat, yang saat itu menguasai Yerusalem.

Tapi pada tahun 1204 M, hal yang paling kontroversial terjadi dalam sejarah Perang Salib. Alih-alih melawan Tentara Islam, tentara Salib justru menjarah gereja-gereja Bizantium dan menaklukan Konstantinopel, ibu kota Kekaisaran Bizantium yang merupakan pusat Kristen Ortodoks.

Hal tersebut benar-benar tidak terpikirkan karena tujuan utama Perang Salib keempat awalnya adalah menaklukan Peradaban Islam, untuk merebut Tanah Suci Yerusalem. Tapi lantas mengapa Tentara Salib menjarah gereja-gereja Bizantium?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut secara sederhana mungkin bisa dijelaskan oleh 2 faktor yang mungkin, yang pertama adalah perbedaan agama. Tentara Salib adalah Kristen Katolik, sedangkan Kekaisaran Bizantium adalah Kristen Ortodoks.

Faktor kedua adalah masalah politik dan keuangan. Gereja-gereja Bizantium saat itu sangat kaya dan memiliki banyak harta dan itu dianggap sebagai sumber potensial untuk mendapatkan banyak kekayaan. 

Terlepas dari itu semua, sebenarnya, sejarah perang salib keempat jauh lebih rumit.

Bizantium, saat itu melihat diri mereka sebagai pembela Susunan Kristen, mercusuar yang bersinar melintasi Mediterania dan Asia Tengah, tuan rumah kota tersuci di luar Yerusalem, dan batu karang yang berdiri melawan arus Islam yang datang dari timur.

Namun, untuk bagian barat Kekaisaran Romawi kuno, Bizantium dianggap dekaden, licik, dan tidak dapat dipercaya, praktik keagamaan mereka dicurigai, dan beberapa kaisar mereka bahkan menyatakan ikon dan pemujaan mereka sebagai klenik.

Argumen dan ketidakpercayaan selama berabad-abad, persaingan terus-menerus antara Paus dan kaisar, dan ambisi yang meningkat dari negara-negara barat untuk merebut dari Byzantium, sisa-sisa kerajaannya di Italia, untuk sementara waktu, dikendalikan oleh tiga Perang Salib pertama.

Namun, ketiganya terbukti tidak berhasil mengamankan Tempat Suci Kristen secara permanen dari peradaban Islam. Lebih buruk lagi, mereka menciptakan keretakan dalam hubungan timur-barat.

Kekaisaran Bizantium dianggap tidak memiliki keinginan untuk melawan musuh bersama. Sementara di sisi lain, Tentara Salib dipandang sebagai oportunis untuk merebut bagian terpilih dari Kekaisaran Bizantium di timur. Dalam arti tertentu, kedua belah pihak benar dalam penilaian mereka.

Kekaisaran Bizantium juga tidak pernah sepenuhnya memahami konsep Perang Suci, yang digunakan para pemimpin barat untuk membangun pasukan yang akan dikirim ke timur. Barat menganggap Kekaisaran Bizantium hanya tertarik pada pelestarian kekaisaran mereka dan menganggap lebih superior atas barat.

Namun, bagi para kaisar, mereka melihat Kekaisaran Bizantium dan Susunan Kristen sebagai satu dan hal yang sama, mereka juga tidak dapat dikritik karena menganggap Tentara Salib sebagai gerombolan penjahat yang nakal yang suka menjarah.

Dalam sejarah Perang Salib, ada banyak pemerkosaan dan penjarahan yang sering terjadi saat tentara Salib melewati wilayah Bizantium. Itu semua adalah awal kecurigaan di kedua sisi yang mengarah ke awal abad ke-13 Masehi.

Sejarah Perang Salib Keempat

Perang Salib Keempat dilancarkan oleh Paus Innosensius III (1198-1216 M) pada tahun 1202 M dengan tujuan utama merebut kembali Yerusalem dari peradaban Islam, setelah kejatuhannya pada tahun 1187 M oleh Salahuddin, Sultan Mesir (1169-1193 M).

Pada bulan Juni 1202 M, Tentara Salib berkumpul di Venesia dari seluruh Eropa, dipimpin oleh Marquis Boniface dari Montferrat. Dari sana mereka berlayar ke Mesir - dipandang sebagai perut musuh yang empuk - atau setidaknya, itulah rencana awalnya.

Orang Venesia, sebagai pedagang yang rakus, bersikeras agar 240 kapal mereka dibayar, tetapi Tentara Salib tidak dapat memenuhi harga yang diminta sebesar 85.000 perak mark.

Akibatnya, kesepakatan dibuat bahwa sebagai imbalan perjalanan, Tentara Salib akan berhenti di Zara di pantai Dalmatian dan merebutnya kembali untuk orang Italia, kota yang baru saja membelot ke Hongaria. Venesia juga akan menyediakan 50 kapal dengan biaya sendiri dan menerima setengah dari wilayah yang ditaklukkan.

Paus sangat tidak senang mendengar berita bahwa Christian Zara telah dipecat pada November 1202 M, dan dia segera mengucilkan Tentara Salib dan Venesia. Larangan itu kemudian dicabut untuk yang pertama, jika tidak, mereka tidak akan banyak berguna sebagai Tentara Salib.

Sejarawan terus memperdebatkan sejarah perang salib keempat, alasan pasti mengapa Tentara Salib kemudian menyerang Konstantinopel alih-alih Yerusalem.

Tapi salah satu unsur penting dari sikap saling curiga antara kekuatan barat dan Byzantium adalah Republik Venesia dan satu orang, khususnya, Doge Enrico Dandolo (memerintah 1192-1205 M).

Dandolo sepertinya bermaksud untuk memenangkan dominasi Venesia atas perdagangan di timur, dia mengingat dengan baik pengusirannya yang tidak bermartabat dari Konstantinopel ketika dia menjabat sebagai duta besar.

Perang Salib keempat tampaknya merupakan kesempatan yang baik untuk akhirnya melumpuhkan Konstantinopel sebagai pesaing perdagangan.

Selain itu, Paus akan mencapai supremasi Gereja barat untuk selamanya, para ksatria Tentara Salib juga dapat membalas dendam pada Bizantium, yang dianggap bermuka dua pada Perang Salib sebelumnya.

Tidak hanya itu, Tentara Salib juga pasti akan mendapatkan banyak harta dan barang rampasan dari kekayaan gereja-gereja Bizantium, kemudian dapat membayar sisa Perang Salib saat ia bergerak ke Yerusalem.

Kerumitan Perang Salib Keempat

Menurut Britannica, Perang Salib Keempat telah rusak sejak awal tujuannya. Selain harus membayar Venesia atas pengiriman sebagian besar tentara salib ke arah timur, Tentara Salib juga diwajibkan merebut Zara di Laut Adriatik dari Hongaria Kristen atas nama Venesia.

Sementara itu pangeran Bizantium yang diasingkan, yaitu Alexius menawarkan hadiah uang tunai jika dia ditempatkan di tahta Bizantium.

Oleh karena itu, tentara salib berlayar ke Konstantinopel dan pada Juli 1203 mengangkat Alexius sebagai kaisar. Pada Februari 1204 kaisar baru dibunuh dan digantikan oleh punggawa Alexius Ducas, yang menyuruh tentara salib pergi.

Tentara salib menanggapi dengan mengepung Konstantinopel. Serangan pertama terhadap pertahanan kota berhasil dipukul mundur dengan kerugian besar, tetapi pada 12 April 1204 tentara salib berhasil menjatuhkan Konstantinopel dan menjarah harta gereja-gereja Bizantium.

Ini mungkin sangat kontroversial dan di luar perkiraan. Tapi pada akhirnya, itulah yang terjadi dengan kenyataan bahwa Perang Salib Keempat berakhir dengan jatuhnya ibu kota Bizantium dan Yerusalem ditinggalkan untuk kemudian hari.

Peristiwa tersebut menjadi puncak Perang Salib keempat, sejarah Perang Salib yang paling terkenal. Meski setelahnya Perang Salib masih terus berlanjut, tapi kampanye dan dukungan terhadap perang salib telah menurun drastis, menyisakan kampanye-kampanye kecil.

Baca juga :