Siapa Saja Pengikut Dajjal yang Disebut Nabi SAW dalam Hadits?

Siapa Saja Pengikut Dajjal yang Disebut Nabi SAW dalam Hadits?

Melalui sabdanya, Rasulullah SAW mengemukakan sejumlah kalangan yang akan mengikuti dan patuh kepada Dajjal si pendusta terbesar. Siapa saja mereka?

Imam Abu Dawud, Ibnu Majah dan al-Hakim meriwayatkan, Rasul SAW bersabda: 

"Wahai manusia, semenjak Allah SWT menciptakan Adam AS, belum pernah ada fitnah di bumi yang lebih besar daripada fitnah Dajjal.

Setiap nabi yang diutus oleh Allah SWT pasti telah memperingatkan umatnya tentang bahaya Dajjal. Aku adalah nabi paling akhir, dan kalian adalah umat paling akhir. Dia pasti muncul di tengah kalian.

Kalau dia muncul dan aku masih hidup di tengah kalian, aku menjadi wakil setiap muslim untuk melawannya. Tapi, kalau dia muncul setelah aku mati, maka setiap orang mewakili dirinya. Dan Allah SWT adalah penggantiku yang memegang urusan setiap muslim.

Dia (Dajjal) akan keluar dari sebuah jalan antara Syam dan Irak. Kemudian dia akan membuat kerusakan ke tempat-tempat sekitarnya. Wahai hamba-hamba Allah, teguhlah pada keyakinan agama kalian." 

(HR Abu Dawud, Ibnu Majah dan Hakim)

Sudah diperingatkan Nabi SAW, tapi mengapa manusia banyak yang menjadi pengikutnya?

Siapa saja pengikut Dajjal?

Syaikh Mahir Ahmad Ash- Shufi dalam bukunya "Tanda-tanda Kiamat: Tanda-tanda Besar" menyebutkan sejumlah golongan pengikut Dajjal berdasarkan hadits Rasulullah SAW, sebagai berikut:

1. Orang Yahudi

Nabi SAW bersabda: "Kaum Yahudi Ashbahan akan mengikuti Dajjal sebanyak tujuh puluh ribu orang, mereka memakai pakaian Thayalis." (HR Muslim)

2. Orang Non Arab (Ajam) dan Penganut Agama Lain

Mereka menjadi pengikut Dajjal lantaran kelak akan terjadi peperangan dengan mereka saat menjelang kiamat. Rasul SAW menuturkan, "Kiamat tidak akan terjadi hingga kalian memerangi bangsa asing dari suku Khuz dan Karman. Wajah mereka merah, hidung mereka pesek, mata mereka sipit, wajah mereka seperti perisai, dan alas kaki mereka adalah rambut." (HR Bukhari)

3. Kaum wanita

Beliau SAW mengatakan dalam riwayat Ibnu Umar, "Dajjal singgah di tanah bergaram yang terletak di lembah Marqanah (lembah yang terletak di dekah Madinah dari arah Thaif) ini. Sebagian besar orang yang keluar (dari Madinah) untuk menjadi pengikutnya adallah kaum wanita. Sampai-sampai seorang pria membujuk ibunya, putrinya, dan bibinya, lalu mengikat mereka karena khawatir mereka pergi menemui Dajjal." (HR Ahmad)

4. Orang Badui

Yaitu kaum pengembara yang tinggal di padang pasir sebagai penggembala. Sesuai sabda Nabi SAW dalam riwayat Abu Umamah di atas.

5. Setan dan Jin Kafir

Mereka ini tentu akan senang membantu Dajjal, karena keduanya memang berjanji akan menggoda hingga menghasut manusia hingga datangnya hari kiamat.

6. Orang yang Berbuat Keburukan

Mereka yang senang melakukan perilaku yang tercela, seperti kemaksiatan dan dosa, maka orang-orang itu akan menjadi pengikut Dajjal si pembohong ulung.

7. Pelaku Seks Menyimpang

Mereka yang berlaku demikian, telah jauh dari jalan kebenaran dan hanya bisa kembali bertakwa atas hidayah dari Allah SWT. Orang-orang ini yang membuat Nabi SAW khawatir, sebagaimana dalam riwayat Abdullah bin Muhammad bin Aqil. Beliau SAW bersabda: "Sesungguhnya perkara yang paling aku takuti pada umatku adalah munculnya perilaku kaum Luth AS." (HR Tirmidzi)

8. Kalangan Khawarij

Itulah delapan golongan pengikut Dajjal di akhir zaman kelak menjelang hari kiamat. Untuk itu detikers, marilah kita mempertebal iman dan ketakwaan kepada Allah SWT beserta para nabi dan rasul-Nya sebagai upaya menghindari Dajjal.
(Sumber: DetikHikmah)
Baca juga :