Taliban menyumbang ratusan ribu Dolar untuk korban gempa Turki dan Suriah. Darimana mereka dapat uang? Opium? No. Tapi dari Hasil Tambang

[PORTAL-ISLAM.ID] Taliban mengumumkan akan menyumbang ratusan ribu Dollar untuk korban gempa Turki dan Suriah.

Darimana mereka dapat uang? Opium? No..

Jangan salah, karena keamanan Afghanistan telah dipulihkan oleh Taliban dan perang diakhiri, industri pertambangan akhirnya bisa berkembang pelan-pelan. Meski masih pakai cara tradisional karena segala lini ekonomi termasuk mesin-mesin tambang diembargo Barat.

Saat harga Batubara melonjak tahun lalu, Taliban berhasil mengekspor 9-10 ribu ton per hari ke negara-negara tetangganya. Jika mereka menjualnya dengan harga diskon rata-rata 200 Dollar per ton, maka Taliban berhasil mengantongi devisa 2 juta Dollar per hari. Kali setahun.

*Pemerintahan Taliban mengirim bantuan senilai USD 165 ribu setara Rp 2,4 miliar ke Turki dan Suriah. Bantuan dikirim untuk membantu penanganan gempa besar di dua negara itu. Keterangan tersebut disampaikan Kemlu Afghanistan pada Rabu (8/2/2023).

“Imarah Islam Afghanistan mengumumkan bantuan 10 juta Afghanis dan 5 juta Afghanis untuk Turki dan Suriah atas dasar kemanusiaan dan persaudaraan Islam,” kata keterangan Kemlu Afghanistan seperti dikutip dari Reuters (8/2/2023).

[Video - Taliban Membuat Industri Pertambangan Berjalan]
Baca juga :