Muhammad Al-Idrisi, Ilmuwan Muslim Pembuat Peta Dunia Pertama

[PORTAL-ISLAM.ID]  Pada abad ke-12, 900 tahun yang lalu, Muhammad al-Idrīsī yang dianggap sebagai ahli geografi dan kartografer terbesar yang pernah ada, menerbitkan sebuah peta dunia!

Berabad-abad sebelum aplikasi navigasi digital menempatkan peta global di ujung jari kita, orang mengandalkan karya dan penelitian para sarjana dan kartografer (pembuat peta) untuk mengilustrasikan dunia. 

Salah satu kartografer paling terkenal yang menerbitkan peta awal dunia adalah ahli geografi, musafir, dan cendekiawan Muslim Muhammad al-Idrīsī. 

Bukunya, "The excursion of one who is eager to traverse the regions of the world" (Wisata orang yang sangat ingin melintasi wilayah dunia), dikenal sebagai salah satu karya geografi dan kartografi abad pertengahan terbesar yang pernah ada!

Dia menciptakan Tabula Rogeriana, yang merupakan salah satu peta abad pertengahan tercanggih. Nuzhat al-mushtāq fī ikhtirāq al-āfāq, umumnya dikenal di Barat sebagai Tabula Rogeriana, adalah deskripsi dunia. The Moroccan, karya Muḥammad al-Idrīsī diterjemahkan ke dalam bahasa Latin dan dipelajari secara global.

Pertanyaannya adalah: Pernahkah Anda mendengar tentang pria ini sebelumnya? Jika tidak, Anda sekarang mungkin tahu alasannya. Dia adalah seorang Muslim dengan sorban dan janggut. 

#TheIslamicGoldenAge 

#KnowYourHistory