Sejak Kapan Rendang Punya Agama? UAH Jawab Tegas: Sejak Batik Punya Kewarganegaraan

[PORTAL-ISLAM.ID]   Ustaz Adi Hidayat menjawab ada yang bertanya apakah rendang punya agama. Sebelumnya kan viral nih Gus Miftah tanya sejak kapan rendang punya agama.

Soal pertanyaan rendang punya agama, Ustaz Adi Hidayat menjawab pertanyaan itu kurang kerjaan dan kurang berfaedah.

Sebab, kata Ustaz Adi Hidayat, rendang merupakan produk budaya Minang. Sedangkan Minang itu punya falsafah adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah.

Ustaz Adi Hidayat akhirnya menjawab pertanyaan soal rendang punya agama tidak. Menurut ustaz populer ini, sesuatu yang sudah jadi tradisi jangan dikecilkan dan jangan dipersoalkan lah, malah nanti yang muncul adalah kegaduhan.

Nah menurut Ustaz Adi nih, rendang itu sudah menjadi tradisi atau produk budaya Minang, sedangkan melihat falsafah Minang, maka semua yang keluar dari Minang artinya berupa syariat lah.

"Oleh karena itu setiap yang keluar dari Minang itu maka lekat dengan syariat, walaupun itu produk makanan. Jangan tanyakan tentang agamanya pada makanan, itu pertanyaan kurang kerjaan, maka jawabannya dijawab dengan senafas dengan itu," jelas Ustaz Adi dikutip Hops.ID dari Youtube Adi Hidayat Official, Minggu 19 Juni 2022.

Ustaz Adi menjawab rendang punya agama sejak kapan, yaitu sejak batik angklung punya kewarganegaraan.

"Sejak kapan rendang punya agama, maka dijawab sejak batik angklung punya kewarganegaraan. Kalau batik diklaim sama Malyasia mau tidak, batik kan budaya Indonesia, calung angklung itu melekat Indonesianya, karena itu tak mau diklaim negara lain. Maka sejak kapan rendang punya agama, ya sejak batik angklung punya kewarganegaraan," jelas Ustaz Adi.

Dia menjelaskan sesuatu yang sudah menjadi adat maka otomatis akan menjadi hukum, itu dari sisi kaidah fiqh atau ushul fiqh.

Kaidah yang dimaksud adalah aladat almuhakamah, artinya jelas Ustaz Adi, kalau sesuatu itu sudah melekat, sudah dikenal baik maka dengan itu auto jadi hukum

"Kalau sudah jadi hukum dan dikenal masyarakat, maka dengan itu rasanya ada sesuatu yang nyeleneh atau menyimpang (kalau berlawanan) itu agak janggal kalau sudah jelas, jangan yang aneh aneh lah. Supaya tak muncul kegaduhan-kegaduhan," katanya.

Sebelumnya viral nih Gus Miftah bertanya sejak kapan rendang punya agama. Gus Miftah malah berterima kasih ada makanan rendang yang dilabeli non halal karena menggunakan bahan bukan halal.[hops]