Momen Kocak Tamu Negara Langsung Jalan dan Tak Balas Jabat Tangan Jokowi, Publik: Lupa Briefing

[PORTAL-ISLAM.ID]  Baru-baru ini sebuah momen jenaka yang dialami Presiden Joko Widodo meramaikan media sosial. Bahkan momen tidak terduga ini terjadi di Istana Negara hingga disaksikan banyak pasang mata.

Salah satu yang turut mengunggah momen kocak ini adalah akun Instagram @funtheutic. Tampak suasana acara kenegaraan di Istana Negara, melibatkan Jokowi dan seorang tamu kenegaraan.

Tampak keduanya berdiri saling berhadapan. Sang tamu kenegaraan lantas menyerahkan sebuah map dengan sampul bergambar bendera Turki kepada Jokowi.

Momen serah terima itu tentu saja diabadikan dengan baik oleh juru kamera yang bertugas, yang kemudian turut mendokumentasikan insiden tidak terduga di antara Jokowi dan tamu asal Turki tersebut.

Terlihat Jokowi sudah mengulurkan tangan dan siap bersalaman dengan tamu dari Turki tersebut. Namun bukannya disambut, sang tamu malah langsung berlalu setelah menundukkan kepala singkat.

Jokowi hanya tersenyum menyaksikan jabatan tangannya tak disambut. Bahkan ia tak menurunkan tangannya sama sekali, hingga sang tamu yang tersadar dan buru-buru kembali berjalan ke hadapan Jokowi.

Dengan ekspresi canggung, sang tamu lalu membalas jabatan tangan Jokowi sebelum kembali ke posisi berdirinya di tepi ruangan.

"Tamu dari mana itu," celetuk pemilik video, seperti dikutip Suara.com pada Minggu (19/6/2022).

Tampak beberapa orang di belakang Jokowi maupun sang tamu kenegaraan turut menertawakan insiden tersebut. Begitu pula dengan warganet yang ikut terbahak lantaran jabatan tangan sang presiden tak disambut oleh tamunya.

"Wahhh,,, dulu pas wisuda ngelewatin dosen," seloroh warganet, merujuk pada mahasiswa yang biasanya terlupa untuk berjabat tangan dengan rektor atau dekan ketika diwisuda.

"Keluarkan gunting biar menang," kata warganet lain, malah menyarankan agar kedua pejabat bermain batu kertas gunting.

"Positif aja... mungkin belum tau presidennya mana," komentar warganet.

"Kadang kadang pejabat juga bisa gugup... manusiawi.." imbuh warganet lain.

"Lupa briefing," tutur warganet.

"Masih kebawa suasana korona agaknya min.." timpal yang lainnya.

Insiden Sudah Terjadi Sejak 2019

Namun peristiwa di klip viral ini sebenarnya sudah terjadi sejak tahun 2019 silam, tepatnya ketika 12 Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) untuk Republik Indonesia menyambangi Istana Negara.

Digelar pada 7 Agustus 2019, pada kesempatan ini, satu persatu duta besar menyerahkan surat-surat kepercayaan kepada Jokowi.

Termasuk di antaranya adalah Duta Besar Turki, Mahmut Erol Kilic, yang ternyata malah lupa untuk berjabat tangan pasca menyerahkan surat kepercayaan kepada Jokowi.

Wah, Istana Negara ternyata menyimpan banyak cerita kocak juga ya. Untuk video selengkapnya dapat disaksikan di sini.