Gubernur Anies Berangkatkan 212 Ton Logistik Bantuan Untuk Korban Gempa Lombok NTB


[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas bantuan logistik seberat 212 ton untuk korban bencana gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Aksi kepedulian itu merupakan kerjasama antara Pemprov DKI Jakarta dengan relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Anies menyampaikan, ada 20 truk yang mengangkut bahan pokok menuju Lombok dari Jakarta melalui jalur darat.

"Di tengah kegembiraan kita menyambut tamu-tamu Asia (Asian Games 2018), mari kita ingat juga ada saudara-saudara kita yang sedang ditimpa musibah di Lombok. Pemprov DKI Jakarta bekerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) melepas 20 truk bantuan logistik untuk korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat hari ini," tutur Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Minggu (19/8/2018).

Anies menyampaikan pengumpulan bantuan logistik dari masyarakat ini terhitung sejak hari pertama terjadi musibah gempa pada 5 Agustus 2018. Hingga terkumpul sekitar 212 ton logistik yang diangkut 20 truk, berangkat pagi tadi menuju Lombok, dengan waktu tempuh perjalanan sekitar tiga hari.

Logistik yang diangkut terdiri dari berbagai macam kebutuhan dasar yang sangat dibutuhkan pengungsi. Di antaranya tenda, selimut, penjernih air, makanan, susu, dan lainnya.

"Kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada ACT atas aksi yang benar-benar nyata, cepat dan tanggap dalam merespon penderitaan masyarakat di Lombok."

"Juga terima kasih kepada warga Jakarta, yang secara fisik jaraknya jauh dengan Lombok, tapi secara hati dekat. Ini tak kalah pentingnya, dari persoalan politik, ini adalah bagian dari persoalan solidaritas bangsa. Kita semua bisa bantu doa dari Jakarta, tapi yang jauh lebih penting juga bantuan yang senyatanya langsung untuk lapangan. Terima kasih, dan semoga Allah lindungi dan ringankan beban saudara-saudara kita di Lombok," tutup Anies.