Jawaban Gus Mus ketika diminta Fatwa "milih siapa di Pilpres 2024"

[PORTAL-ISLAM.ID]  K.H. Ahmad Mustofa Bisri atau lebih sering dipanggil dengan Gus Mus adalah pimpinan Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Rembang, Tokoh Sesepuh NU, mantan Rais 'Aam PBNU.

Ia juga merupakan salah seorang deklarator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan sekaligus perancang logo PKB yang digunakan hingga kini. Ia juga juga dikenal sebagai seorang budayawan dan penyair.

Di Pilpres 2024, Gus Mus banyak mendapat permintaan dari orang-orang yang meminta fatwa darinya siapa yang akan dipilih.

Gus Mus menjawab dengan bijak.

"Banyak yang minta fatwa kepadaku, "Nanti milih siapa?" Maklum semua calon, masing2 punya kelebihan dan kekurangan. Lagi pula masing2 punya pendukung tokoh2 yang berpengaruh. Jadi kukatakan kepada yang minta fatwa: Istafti qalbak. Tanyakan saja kepada Nuranimu. 😉," kata Gus Mus di akun twitternya @gusmusgusmu pagi ini, Senin (12/2/2024).

Jawaban Gus Mus ini dilandasi Hadits Nabi.

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

يَا وَابِصَةُ اسْتَفْتِ قَلْبَكَ وَاسْتَفْتِ نَفْسَكَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ الْبِرُّ مَا اطْمَأَنَّتْ إِلَيْهِ النَّفْسُ وَالْإِثْمُ مَا حَاكَ فِي النَّفْسِ وَتَرَدَّدَ فِي الصَّدْرِ وَإِنْ أَفْتَاكَ النَّاسُ وَأَفْتَوْكَ

“Wahai Wabishah, mintalah fatwa pada hatimu (diulang 3x), karena kebaikan adalah yang membuat tenang jiwa dan hatimu. Dan dosa adalah yang membuat bimbang hatimu dan goncang dadamu. Walaupun engkau meminta fatwa pada orang-orang dan mereka memberimu fatwa.” 

(HR. Ahmad no.17545, Al Albani dalam Shahih At Targhib [1734] mengatakan: “hasan li ghairihi“).
Baca juga :