Menguji Hafalan Abu Hurairah

[PORTAL-ISLAM.ID] Salah satu sahabat yang dikenal memiliki riwayat Hadits terbanyak adalah Abu Hurairah. Bahkan Abu Hurairah adalah sahabat yang paling banyak meriwayatkan hadits sejumlah 5374 hadits.

Hafalan beliau yang kuat merupakan berkah dari doa Nabi saat Abu Hurairah mengadu hafalannya yang lemah. Setelah di do'akan, Abu Hurairah tidak lagi pernah lupa semenjak saat itu.

Kemampuan hafalan Abu Hurairah ini pernah dites oleh Abu al-Zu'aizi'ah, katib (juru tulis) Khalifah Marwan bin al-Hakam (khalifah Umayyah keempat).

Diceritakan olehnya, Khalifah Marwan pernah mengundang Abu Hurairah, dan aku didudukan di samping ranjang. Kemudian Marwan bertanya kepada Abu Hurairah tentang sejumlah hadits, dan Abu al-Zu'aizi'ah menulis hadits yang disampaikan.

Hingga di tahun berikutnya, Khalifah Marwan mengundang Abu Hurairah untuk keduakalinya. Kemudian ditanya kembali hadits yang tahun lalu pernah disampaikan. Dan Abu Hurairah tidak menambah atau mengurang satu kalimat pun, tidak juga mengedepankan atau mengakhirkan kalimat lainnya. Apa yang disampaikan tahun lalu, persis sama dengan apa yang disampaikan tahun tersebut tanpa perubahan sedikit pun.

(kitab Min al-Nabi ila Al-Bukhari karya Dr. Ahmad Sunbur hal 60)

Baca juga :