JAKPRO jawab telak Menteri Jokowi! Menteri Jokowi Soroti Akses Penonton dan Parkir JIS, Jakpro: Ada 138 Pintu untuk Keluar-Masuk Stadion

[PORTAL-ISLAM.ID]  JAKARTA - Vice President Corporate Secretary PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Syahrial Syarif menjawab soal infrastruktur Jakarta Internasional Stadium (JIS) yang dianggap belum layak digunakan sebagai venue Piala Dunia U-17 2023. 

Menurut dia, stadion tersebut sudah 100 persen siap menjadi venue pertandingan sepak bola internasional. 

“Kalau kami venue-nya sudah siap,” kata dia saat ditemui Tempo di JIS, Jakarta Utara, Senin, 3 Juli, 2023. 

Sebelumnya, Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir, menyatakan JIS tak bisa langsung dipakai untuk perhelatan Piala Dunia U-17 2023 karena ada sejumlah catatan. Untuk itulah, JIS harus direnovasi terlebih dulu agar layak menjadi venue Piala Dunia U-17. 

JIS adalah salah satu stadion alternatif pengganti Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta yang disebut Presiden Joko Widodo alias Jokowi untuk menjadi venue Piala Dunia U-17. Musababnya, Stadion GBK kemungkinan tak bisa dipakai lantaran bentrok dengan konser Coldplay di Jakarta pada 15 November 2023. 

Tiga menteri Jokowi kompak menyatakan JIS belum memenuhi standar FIFA. Ketiga pembantu Jokowi ini antara lain Erick Thohir, Basuki Hadimuljono, serta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo. Mereka menyoroti ihwal akses penonton dan kapasitas parkir. 

Menurut Syahrial, pihaknya telah menyediakan kantong parkir untuk kendaraan pribadi di area JIS. Meski begitu, Jakpro memang menyarankan penonton untuk datang ke stadion menggunakan moda transportasi umum.

BUMD DKI itu bekerja sama dengan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) untuk pengadaan moda transportasi, seperti menambah bus. Dari pantauan Tempo, ada dua bus yang terparkir di halte Transjakarta depan JIS. 

“Kami menyiapkan parkir pribadi, tapi JIS didesain pembangunan berkelanjutan memperhatikan lingkungan sekitar. Jangan sampai lingkungan sekitar terdampak, seperti kemacetan, dengan adanya kendaraan pribadi,” ucapnya.

Terkait sistem keamanan keluar-masuk penonton, Syahrial menyebut ada ratusan pintu penonton di stadion berkapasitas 80 ribu orang itu. 

“Jadi, kalau kita lihat ada pintu-pintu masuk dalam arena ya. Ini ada 138 pintu untuk penonton masuk dan keluar,” ujarnya. 

Walau Jakpro menganggap fasilitas JIS sudah siap 100 persen, lanjut Syahrial, pihaknya menunggu tindak lanjut, evaluasi, serta keputusan FIFA dan pemerintah soal venue Piala Dunia U-17 2023. 

“Jadi, secara formal, kami belum ada diskusi secara khusus soal itu,” kata dia. [TEMPO]

SIMAK SELENGKAPNYA PERNYATAAN JAKPRO 👇👇
Baca juga :