Jajaran Menteri Paling Tajir di Era Presiden Jokowi, Sandiaga Uno No.1 Kekayaannya Naik Drastis jadi Rp 10,61 Triliun

[PORTAL-ISLAM.ID]  Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), jumlah harta kekayaan para menteri di Kabinet Indonesia Maju bekalangan ini tercatat mengalami kenaikan. Harta kekayaan mereka berada pada kisaran Rp4 miliar sampai Rp10 triliun.

Menteri yang tercatat memiliki harta kekayaan terbesar pertama adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dengan jumlah kekayaan pada 2021 sebesar Rp10.617.085.468.830. Kekayaannya naik Rp6,8 triliun dari tahun sebelumnya.

Posisi kedua, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, dengan kekayaan Rp 2,94 Triliun.

Sakti Wahyu Trenggono, adalah seorang politikus dan pengusaha asal Jawa Tengah, yang sejak 23 Desember 2020 menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan politikus Gerindra Edhy Prabowo yang korup dan divonis 9 tahun penjara, tapi disunat oleh MA jadi 5 tahun penjara.

Sakti Wahyu Trenggono sempat menjadi bendahara Partai Amanat Nasional (PAN) dari 2009 sampai sekitar tahun 2013. Ia menjadi bendahara tim pemenangan Joko Widodo semenjak Jokowi berkiprah di Solo sebelum akhirnya maju ke Jakarta dan tingkat nasional sebagai presiden. Ia kemudian diangkat menjadi Wakil Menteri Pertahanan pada Oktober 2019 sebelum menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan.

Posisi ketiga, Menteri BUMN Erick Thohir dengan kekayaan mencapai Rp 2,31 Triliun.

Posisi keempat, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan kekayaan mencapai Rp 2,03 Triliun.

Posisi kelima, Menteri Pendidikan Nadiem Makarim yang tercatat memiliki kekayaan Rp 1,01 Triliun.

Menko Luhut Binsar Panjaitan di posisi keenam, dengan kekayaan Rp 716,34 Miliar.

Ketum Golkar, Menko Airlangga Hartarto di posisi ketujuh, dengan kekayaan Rp 260,61 Miliar.

(Sumber: Goodstats.id)
Baca juga :