Tangki Air Inovatif buatan insinyur Turki dapat membantu memenuhi kebutuhan air korban gempa

[PORTAL-ISLAM.ID]  Saat Türkiye terus menangani kehancuran yang tersisa setelah dua gempa bumi terbesar dalam sejarahnya, seorang insinyur muda Turki di Inggris ingin membantu memenuhi kebutuhan korban gempa dengan tangki air praktis yang inovatif.

Insinyur mekanik Beren Kayali, bersama dengan sesama pendiri perusahaan startup Deploy, menemukan tangki air tiup dan lipat pertama di dunia dan sekarang ingin para pejabat membantunya menerapkan sistem di daerah yang dilanda gempa di Türkiye selatan untuk membantu menyelesaikannya masalah sanitasi air dan pasokan air bagi jutaan orang yang terkena dampak.

Orang-orang di zona gempa harus memenuhi kebutuhan dasar mereka untuk bertahan hidup di tengah suhu musim dingin yang membeku setelah gempa ganda yang meratakan ribuan rumah pada hari Senin, kata Kayali kepada Anadolu.

Dengan tangki air tiup udara peraih penghargaannya yang mengurangi waktu transportasi dan penempatan secara besar-besaran, dia berharap dapat meringankan penderitaan para penyintas, banyak dari mereka sekarang tinggal di kontainer dan tenda di pedesaan.

“Seperti yang diketahui oleh industri, semua konstruksi (tangki air) yang terbuat dari plastik, beton, atau baja galvanis biasanya membutuhkan dasar beton untuk disiapkan,” katanya, menambahkan bahwa perlu satu atau dua bulan agar beton ini mengering dan menjadi siap untuk digunakan.

Sebagai perbandingan, tangki Kayali, yang menggunakan teknologi kain kanvas beton sebagai pengganti lempengan, beratnya hanya 250 kilogram (sekitar 550 pon). Mereka dapat diangkut dengan pesawat, helikopter, atau truk dalam bentuknya yang ringkas untuk digelembungkan di lokasi dalam 24 jam dengan dua orang.

Ini sangat berguna di daerah pedesaan yang miskin atau untuk bantuan bencana, dari gempa bumi hingga kebakaran hutan, banjir, dan kekeringan, yang memang dirancang untuk itu kata Kayali, yang merupakan wanita Turki pertama yang menerima beasiswa Keluarga Kerajaan Inggris dan saat ini berbasis di di Wales.

“Satu-satunya tujuan dan visi perusahaan adalah menyediakan unit penyimpanan air yang aman untuk daerah pedesaan sejak awal perjalanan ini. Karena saya memiliki pengetahuan tentang infrastruktur air, saya ingin menyumbangkan beberapa tangki ini ke provinsi-provinsi yang dilanda gempa.”

Kayali sekarang mencari insinyur, pejabat, dan profesional lainnya untuk membantu merencanakan pengerahan tank di Türkiye.

Menggarisbawahi tantangan logistik untuk mendapatkan bahan bantuan ke zona gempa, Kayali mengatakan dia ingin bekerja dengan pejabat dan insinyur di Türkiye untuk merencanakan tank-tank di lokasi bagi para korban. “Tangki ini dapat digunakan baik untuk air minum maupun sebagai septic tank, sehingga kita dapat dengan mudah mencegah wabah kolera. Kami hanya membutuhkan orang untuk merencanakannya.”

“Kalau untuk air minum, sangat mudah (dipasang) dengan sistem filter dan pipa. Jika akan digunakan sebagai septic tank, maka perlu dikubur di bawah tanah. Jadi, saya mencoba menjangkau orang-orang yang dapat melakukan rekayasa dan perencanaan teknis untuk ini.”

“Jadi, kami hanya mencari bantuan untuk membuat sambungan yang tepat agar dapat mengirimkan produk yang tepat kepada orang yang tepat pada saat ini,” katanya, mencatat bahwa perusahaan saat ini memiliki stok 18 tangki, dengan peningkatan kapasitas tiga lagi per minggu.

[VIDEO - Tangki Air Inovatif]

Otoritas Turki mengatakan bahwa gempa bumi berkekuatan 7,7 dan 7,6 mempengaruhi area seluas sekitar 110.000 kilometer persegi (sekitar 42.470 mil persegi) di Türkiye, yang mencakup 10 provinsi: Adana, Adiyaman, Diyarbakir, Gaziantep, Hatay, Kilis, Malatya, Osmaniye, dan Sanliurfa, dan Kahramanmaras, di mana mereka berpusat.

Beberapa negara di kawasan itu, termasuk Suriah dan Lebanon, juga merasakan getaran kuat yang melanda Türkiye dalam waktu kurang dari 10 jam.

Sebanyak 28.044 orang telah dievakuasi dari daerah yang dilanda gempa, menurut angka terbaru dari otoritas manajemen bencana negara tersebut, dan ditempatkan di area akomodasi dan penginapan yang telah ditentukan.

Sedikitnya 16.170 orang tewas dan 64.194 lainnya luka-luka akibat gempa bumi, menurut pejabat Turki.

Panggilan untuk bertindak

Mendesak rekan-rekan insinyurnya di Türkiye untuk "naik ke kesempatan itu," dan menyatukan pengetahuan industri untuk para korban gempa, Kayali berkata:

“Saya memanggil insinyur sipil, insinyur mesin, insinyur industri yang memiliki latar belakang perencanaan untuk situasi seperti ini sehingga kami dapat... membantu setiap orang yang membutuhkan bantuan kami saat ini.”

“Saat ini, pekerjaan penyelamatan masih berlangsung, tetapi kita juga harus mulai merencanakan ke depan. Bagaimana kita akan menyediakan air ke rumah sakit yang sudah rusak?” dia bertanya, mencatat bahwa rumah sakit lapangan juga telah dikerahkan di banyak daerah.

“Tapi juga, (bagaimana menyediakan air) untuk semua orang yang terluka dan yang hanya duduk di dekat api unggun dan mencoba bertahan hidup sekarang?”

“Sudah waktunya bagi kita untuk bangkit sehingga kita dapat menyatukan pengetahuan kita di industri ini.”

Sejauh ini, Deploy telah mengirimkan tanknya ke negara-negara termasuk Ekuador, India, Yunani, dan Arab Saudi.

(Sumber: Anadolu)
Baca juga :