Raindo United Services, Maskapai Kargo Berbasis Start-Up Digital Pertama di Indonesia

[PORTAL-ISLAM.ID]  JAKARTA - Raindo United Services (RUS) akan menjadi salah satu maskapai penyedia layanan jasa kargo udara berbasis digital terbaru di tanah air. Dengan menggunakan 2 armada Boeing 737-800BCF, Raindo United Services hadir menjadi era baru di dunia logistik udara dengan solusi layanan kargo one stop solution, dimana realtime tracking dari first hingga last mile dapat diakses secara mudah melalui aplikasi Raindo App yang dapat diunduh melalui app store dan play store.

Berdiri pada 4 Juni 2022 di bawah naungan PT Rusky Aero Indonesia, Raindo United Services merupakan perwujudan visi misi dari sosok-sosok yang berpengalaman dibidangnya, yaitu Benny Rustanto, Muhammad Surya, Dodi AbdulKadir, Bambang Sujatmiko, Capt Yudhi Fadjari, Febiantori dan Hans Nugroho dalam mewujudkan sebuah ekosistem logistik udara melalui kolaborasi dan kemitraan yang mengedepankan pengalaman, finansial dan jaringan yang mumpuni. 

Dengan menyiapkan investasi awal hingga USD 100 juta Raindo United Services menawarkan pengalaman baru yang mudah, cepat, dan tepat kepada pelaku usaha Indonesia agar dapat memberi dampak yang signifikan bagi industri di tanah air, termasuk sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi COVID-19. 
Pendiri Raindo United Services, Benny Rustanto mengatakan, “Awal berdirinya Raindo United Services bermula dari harapan kami semua untuk bisa menghadirkan solusi akan hambatan distribusi logistik udara yang umumnya panjang dan berlapis-lapis. Proses panjang dari awal pengiriman hingga sampai ke tujuan akhir tentunya tidak jarang memberikan kerugian materiil dan immateriil kepada berbagai pihak mulai dari produsen hingga yang terutama yaitu konsumen.”

“Kami sangat bangga dapat mengukir tinta emas melalui Raindo United Services, maskapai angkutan udara berjadwal berbasis start-up di Indonesia dengan sistem logistik yang terintegrasi hulu ke hilir melalui keunggulan teknologi digital. Nilai-nilai yang dikedepankan perusahaan mulai dari adaptive, agile, partnership dan collaborative serta didukung oleh kompetensi dari sumber daya manusia dengan pengalaman terdepan akan menjadi fondasi kuat dalam menempatkan layanan lini bisnis kargo Raindo United Services di pasar Indonesia, bahkan untuk pasar regional Asia,” tambah Benny. 

Raindo United Services

Raindo United Services saat ini telah mendapatkan Sertifikat Standar Angkutan Udara Niaga Berjadwal Kargo Luar dan Dalam Negeri pada 13 Desember 2022 yang direncanakan akan melakukan penerbangan perdana pada bulan Juli 2023 untuk rute domestik (Jakarta, Medan, Balikpapan, Makassar dan Surabaya) serta internasional (Singapura, Hong Kong, dan Guangzhou). Tersedianya layanan Raindo United Services pada kota-kota tersebut dipastikan dapat mendukung dan meningkatkan sektor logistik melalui konektivitas logistik udara secara digital antar pulau dan antar negara.  

Untuk memastikan keseluruhan operasional dan administrasi berjalan dengan baik, Raindo United Services melibatkan berbagai mitra strategis  terkait mulai dari pemerintahan perusahaan negara penyedia bahan bakar/avtur, big four konsultan keuangan dan valuasi, perusahaan lessor terbesar di dunia, penyedia jasa ground handling ternama di Indonesia serta perusahaan dan instansi pendukung lainnya.

Bekerjasama dengan perusahaan lessor nomor satu di dunia, Raindo United Services menghadirkan 2 armada Boeing Converted Freighter (BCF) 737-800 yang memiliki kapasitas angkut hingga 23 ton. Pesawat telah dilengkapi sistem kargo termutakhir seperti fasilitas Unit Loading Device (ULD), tank oksigen hingga mesin pendingin untuk memastikan semua jenis komoditi mulai dari Perishable Product, General Cargo, Marine Product, Dangerous Goods and Live Animals terkirim dengan sempurna hingga ke tujuan akhir. Untuk memperkuat layanan dan memastikan proses pengiriman berjalan efektif dan efisien, Raindo United Services juga menggandeng mitra insurtech untuk melindungi semua jenis komoditi.

“Kehadiran dari Raindo United Services ini juga diharapkan dapat menjadi katalisator perubahan yang dapat mendukung perkembangan industri UMKM di Indonesia terutama sisi logistik melalui konektivitas tanpa batas dan berkelanjutan. Kami menyadari bahwa sektor UMKM di Indonesia memiliki potensi yang semakin besar apabila didukung oleh ekosistem logistik yang menyelaraskan arus lalu lintas barang - baik secara internasional maupun lokal - sejak titik keberangkatan hingga akhir tujuan. Ekosistem dari Raindo United Services memungkinkan para pelaku UMKM untuk semakin bersaing dengan mengatasi hambatan-hambatan yang selama ini ada seperti harga logistik yang tinggi, proses pengiriman yang tidak efisien, keterbatasan akses saluran distribusi dan-lain-lain,” tutup Benny. (*)
Baca juga :