Pistol penyebab tewasnya 8,5 juta orang

Pistol penyebab tewasnya 8,5 juta orang

Ini adalah senjata yang digunakan untuk membunuh Putra Mahkota Austria-Hongaria Franz Ferdinand pada tahun 1914, yang memantik pecahnya Perang Dunia I.

Pembunuhnya adalah Gavrilo Princip, seorang nasionalis Serbia yang membunuh Pangeran Franz Ferdinand dari Austria-Hongaria di Sarajevo tahun 1914. Ialah yang meletuskan Perang Dunia I.

Gavrilo Princip melakukan pembunuhan itu yang berusaha mengakhiri pemerintahan Austria-Hongaria di Bosnia dan Herzegovina. 

Pada usia 19 tahun, ia membunuh Archduke Franz Ferdinand dari Austria dan istri Archduke, Sophie, Duchess of Hohenberg, di Sarajevo pada 28 Juni 1914. 

Princip dan kaki tangannya ditangkap dan terlibat sebagai perkumpulan rahasia nasionalis, yang memprakarsai Krisis Juli dan menyebabkan pecahnya Perang Dunia I yang memakan korban 8,5 juta orang (28 Juli 1914 – 11 November 1918). 

Dalam persidangannya, Princip menyatakan bahwa: "Saya seorang nasionalis Yugoslavia, bertujuan untuk penyatuan semua Yugoslavia, dan saya tidak peduli apa bentuk negara, tetapi harus dibebaskan dari Austria." 

Princip dijatuhi hukuman dua puluh tahun penjara, maksimum untuk usianya, dan dipenjarakan di benteng Terezín. Dia meninggal pada 28 April 1918 karena tuberkulosis yang diperburuk oleh kondisi penjara yang buruk yang telah menyebabkan kehilangan lengan kanannya.
Baca juga :