[KESEHATAN] Apakah Anda lebih suka harus bangun beberapa kali di malam hari untuk buang air kecil daripada terbunuh oleh serangan jantung atau stroke di pagi hari?

BAGUS ARTIKEL INI 👇🏻

Apakah Anda lebih suka harus bangun beberapa kali di malam hari untuk buang air kecil daripada terbunuh oleh serangan jantung atau stroke di pagi hari?

Bacaan yang bagus untuk semua:
Berikut artikel menarik dan informatif dari Dr. Bansal tentang masalah kesehatan.

Nokturia

Nokturia atau buang air kecil di malam hari, adalah gejala gagal jantung, bukan kandung kemih.

Dr Bansal, dokter terkenal Shivpuri, menjelaskan bahwa nokturia sebenarnya merupakan gejala penyumbatan aliran darah ke jantung dan otak. 

Orang dewasa dan orang tua paling menderita karena mereka harus sering bangun di malam hari untuk buang air kecil. 

Lansia menghindari minum air sebelum tidur di malam hari karena takut mengganggu tidur mereka. Mereka berpikir bahwa jika mereka minum air, mereka harus bangun lagi dan lagi untuk buang air kecil. 

Apa yang tidak mereka ketahui adalah bahwa tidak minum air sebelum tidur atau setelah buang air kecil di malam hari merupakan penyebab penting seringnya serangan jantung atau stroke di pagi hari pada orang dewasa dan orang tua. 

Faktanya, sering buang air kecil yang mengganggu tidur bukan disebabkan oleh disfungsi kandung kemih. Hal ini disebabkan oleh penurunan fungsi jantung pada lansia, karena jantung tidak lagi mampu menyedot darah dari bagian bawah tubuh.

Dalam situasi seperti itu, pada siang hari ketika kita dalam posisi berdiri, aliran darah lebih banyak ke bawah. Jika jantung lemah, jumlah darah di jantung menjadi tidak mencukupi dan tekanan pada bagian bawah tubuh meningkat. Itulah sebabnya orang dewasa dan orang tua mengalami pembengkakan di bagian bawah tubuh pada siang hari. Ketika mereka berbaring di malam hari, bagian bawah tubuh mendapat bantuan dari tekanan dan banyak air disimpan di jaringan. Air ini kembali ke dalam darah. Jika terlalu banyak air, ginjal harus bekerja lebih keras untuk memisahkan air dan mendorongnya keluar dari kandung kemih. Ini adalah salah satu penyebab utama nokturia.

Jadi biasanya dibutuhkan sekitar tiga atau empat jam antara saat Anda berbaring untuk tidur dan pertama kali Anda pergi ke toilet. Setelah itu, jumlah air dalam darah mulai meningkat lagi dan sekitar tiga jam kemudian seseorang harus ke toilet lagi.

Sekarang muncul pertanyaan: Mengapa menjadi penyebab penting stroke otak atau serangan jantung?

Jawabannya adalah setelah buang air kecil dua atau tiga kali, air dalam darah sangat sedikit. Air tubuh juga berkurang dengan bernapas. Hal ini menyebabkan darah menjadi kental dan lengket serta detak jantung melambat saat tidur. Aliran darah yang kental dan lambat menyebabkan pembuluh darah yang menyempit mudah tersumbat...

Inilah alasan mengapa orang dewasa dan orang tua selalu ditemukan mengalami serangan jantung atau kelumpuhan sekitar jam 5-6 pagi. Dalam kondisi ini mereka mati dalam tidur itu sendiri.

Hal pertama yang harus diberitahukan kepada semua orang adalah bahwa nokturia bukanlah kerusakan kandung kemih, itu adalah masalah penuaan.

Hal lain untuk memberitahu mereka adalah bahwa mereka harus minum air hangat sebelum tidur, dan lagi setelah bangun untuk buang air kecil di malam hari.

Jangan takut dengan nokturia. Minum banyak air, karena tidak minum air bisa membunuhmu.

Hal ketiga yang harus dilakukan untuk meningkatkan efisiensi jantung adalah dengan melakukan lebih banyak olahraga di siang hari. Tubuh manusia bukanlah mesin yang akan rusak jika digunakan secara berlebihan. Sebaliknya, semakin banyak digunakan, semakin kuat. Jangan makan makanan yang tidak sehat, terutama makanan tinggi pati dan gorengan.

Saya meminta Anda untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda yang sudah dewasa dan lanjut usia.

Semoga Sehat dan Berkah. 🙏

(fb)