Erdogan Terus Berjuang Memerangi Riba

[PORTAL-ISLAM.ID] “Meskipun yang disebut ekonom masih berbicara tentang suku bunga, kami akan terus mendukung produksi dan lapangan kerja. Selama saudaramu ini ada di posisi ini, bunganya akan terus turun setiap hari, setiap minggu, setiap bulan,” kata Erdogan.

Presiden Recep Tayyip Erdoğan pada hari Sabtu (8/10/2022) mengulangi seruannya pada bank sentral untuk lebih menurunkan suku bunga. Erdogan juga mengundang investor untuk mendapatkan keuntungan dari pinjaman murah dari bank umum.

Penentangan Erdogan terhadap biaya pinjaman yang tinggi telah didukung oleh menteri keuangan dan keuangannya. Kemenkeu Turki mengatakan model ekonomi baru pemerintah menolak keyakinan bahwa suku bunga harus lebih tinggi daripada inflasi untuk menjinakkan kenaikan harga.

Pernyataan itu muncul lebih dari seminggu setelah Erdogan mengatakan dia telah menyarankan bank sentral untuk memangkas suku bunga repo satu minggu pada pertemuan mendatang dan bahwa dia mengharapkan suku bunga turun ke satu digit pada akhir tahun.

Bank Sentral Republik Türkiye (CBRT) mengejutkan pasar karena memangkas suku bunga kebijakan sebesar 200 basis poin menjadi 12% dalam dua bulan terakhir. Bank telah memulai siklus pemotongan suku bunga lebih dari setahun yang lalu karena menurunkan suku bunga repo satu minggu sebesar 500 basis poin menjadi 14%, di mana ia membiarkannya stabil dalam tujuh bulan pertama tahun ini.

Berbicara di hadapan massa di provinsi barat Balıkesir, Erdogan mengatakan otoritas moneter akan terus memangkas suku bunganya setiap bulan selama dia tetap berkuasa.