Habib Bahar: Saya Bukan FPI, tapi Hidup-Mati Saya Bela FPI dan Habib Rizieq

[PORTAL-ISLAM.ID]  Habib Bahar bin Smith menegaskan dirinya bukanlah bagian dari organisasi Front Pembela Islam (FPI). Meski begitu, hidup dan matinya didedikasikan untuk membela FPI dan pimpinan FPI Habib Rizieq Syihab.

Hal tersebut dikatakan Bahar ketika menjalani sidang lanjutan di PN Bandung pada Selasa (28/6) lalu, dengan agenda mendengarkan keterangan dari saksi yang meringankan dari kuasa hukum Bahar yakni mantan Ketua Umum FPI, Sobri Lubis.

"Hidup saya, mati saya untuk membela Al Habib Rizieq dan membela FPI," kata Bahar sebagaimana video yang dilihat di akun YouTube Avengers Muslim Channel pada Kamis (30/6) malam.

Bahar juga menegaskan tak ikut menjadi pengurus di organisasi lainnya seperti Nahdlatul Ulama (NU), Persis, bahkan Muhammadiyah. Meski tak mengikuti organisasi mana pun, dia menegaskan, mencintai organisasi FPI dan bakal terus berjuang bersama FPI.

"Banyak yang beranggapan di luar sana 'Oh pantas saja Habib Bahar bela Habib Rizieq orang Habib Bahar FPI'. Padahal, ingin saya tegaskan, saya bukan FPI, saya tidak ikut organisasi mana pun mau NU, Muhammadiyah, Persis, FPI, enggak. Tapi walaupun saya bukan FPI, saya cinta mati kepada FPI," ungkap Bahar.
"Walaupun sering saya katakan, Habib Rizieq 'Bib, saya bukan FPI' tapi hidup mati saya untuk berjuang bersama FPI walaupun saya bukan FPI.
-Habib Bahar bin Smith
"Bahwasanya saya bukan pengurus FPI atau anggota FPI dari mulai berdiri sampai sekarang," tambah dia.

Mengenai keterangan yang disampaikan Bahar dalam tayangan video itu dibenarkan salah satu kuasa hukum Bahar, Ichwan Tuankotta.

"Itu (keterangan) sidang hari Selasa kemarin, menghadirkan saksi yang meringankan buat HBS," kata dia dikonfirmasi wartawan.

Persidangan yang dihadapi Habib Bahar di PN Bandung terkait dakwaan menyebarkan berita bohong dalam ceramah yang disampaikannya di Kabupaten Bandung. Selain Bahar, ada seorang lagi yang ditetapkan sebagai terdakwa yakni pria berinisial TR yang merupakan pengunggah video ke YouTube.[kumparan]