Komentari Meme Jokowi dan Anwar Usman, RR: Bung Karno, Soeharto, Gus Dur Kalah Nekad!

[PORTAL-ISLAM.ID]  Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman telah resmi menjadi bagian dari keluarga besar Presiden Joko Widodo. Hal tersebut setelah Anwar Usman mempersunting adik kandung dari Presiden Joko Widodo, Idayati pada Kamis (26/5).

Sebuah meme pun beredar di media sosial. Meme ini memajang wajah keluarga besar Jokowi yang berada di tampuk pemerintahan.

Ada foto Jokowi yang dipajang paling atas dengan tulisan “ayah”. Di bawahnya sebelah kiri ada foto Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka dengan tulisan “anak”. Sementara bawah Jokowi sebelah kanan ada foto Walikota Medan, Bobby Nasution dengan tulisan “mantu”.

Sementara foto Anwar Usman saat menikahi Idayati di bawah Gibran dan Bobby dengan tulisan “ipar”.

Tokoh senior DR. Rizal Ramli turut berkomentar atas meme tersebut. Dia merasa heran karena belum ada presiden sebelumnya yang memiliki banyak keluarga besar menjabat sebagai pejabat negara.

“Bung Karno, Soeharto, Habibie, dan Gus Dur kalah nekad!” tuturnya lewat akun Twitter pribadi sesaat lalu, Sabtu (28/5).

Menko Perekonomian era Gus Dur ini bertanya-tanya, apakah Presiden Joko Widodo tidak mengerti dan paham tentang perjuangan antikorupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

Jika memang paham, seharusnya Jokowi menunggu jabatannya sebagai presiden selesai baru mempersilakan keluarga besar ikut dalam pertarungan politik.

“Ini ndak ngerti, ndak paham perjuangan anti KKN? Atau ndak paham etika pejabat negara tidak boleh konflik-kepentingan? Opo ya penjelasannya?” tutup pria yang akrab disapa RR itu. [rmol]