Anies Baswedan di King’s College London, Bikin Bangga Indonesia Punya Pemimpin Smart

[PORTAL-ISLAM.ID]  LONDON - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat kunjungan kerja ke Inggris, menyempatkan dialog dengan para mahasiswa doktoral asal Indonesia yang mengenyam pendidikan di London, Inggris.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di kampus King's College London, sebagai bagian dari kunjungan kerja Anies Baswedan di Inggris.  

King’s College London adalah sebuah universitas berbasis penelitian yang terletak di London, Inggris. King’s College London adalah salah satu 10 universitas Inggris terbaik versi Peringkat universitas dunia QS 2020.

“Saya senang berdiskusi dengan para mahasiswa doktoral, sebab riset yang kalian lakukan berdasarkan bukti empirik. Setiap mengambil kebijakan, saya selalu memutuskan berdasarkan data dan bukti di lapangan atau policy based evidence, termasuk dalam pemanfaatan teknologi di Jakarta” ujar Anies Baswedan di kampus Kings College London saat berdiskusi, Rabu (11/5) malam waktu London, atau Kamis (12/5/2022) pagi Waktu Indonesia Barat.

Anies, yang pernah mengenyam pendidikan doktoral di Northern Illinois University, Amerika Serikat meminta para mahasiswa doktoral membantu program pemerintah Jakarta. Hasil riset harus dapat diterapkan sebagai solusi mengatasi persoalan di lapangan. Ia juga meminta para mahasiswa membangun jejaring internasional.

Dalam diskusi tersebut, Anies mendengarkan paparan hasil riset mahasiswa doktoral Indonesia. Acara tersebut juga dihadiri sejumlah mahasiswa internasional. Para mahasiswa berasal antara lain dari University of Cambridge, University of Oxford, dan Imperial College London.

Mereka menyajikan hasil penelitian di kota Jakarta tentang sejumlah topik. Mulai dari penanganan Covid-19 berbasis data di Ibu kota, manajemen lalu lintas, perluasan layanan pendidikan anak usia dini, dan penggunaan teknologi informatika dalam layanan pemerintahan.

Pada kesempatan itu, Anies juga menyampaikan pesan khusus.

"Kami mengajak teman-teman mahasiswa doktoral membantu program pemerintah. Hasil riset harus dapat diterapkan sebagai solusi mengatasi persoalan di lapangan. World class competence (kompetensi kelas dunia) harus diimbangi Grassroot understanding (pengetahuan akar rumput)," kata Anies seperti diposting di akun Instagramnya.

"Pesan untuk teman-teman yang sedang kuliah di luar, pasang selembar peta Indonesia di dinding kamar atau ruang kerja: sebagai pengingat tiap waktu bahwa di tanah air itulah kita akan mengabdi tanpa batas," tandasnya.

Kegiatan Anies di London ini mendapat respons positif publik tanah air.

"Kangen punya pemimpin yang cerdas dan menghargai orang-orang yang cerdas pula 😍," ujar @_yunix yang memberi komentar di postingan IG @aniesbaswedan.

"Lha kayak gini lho smart cerdas pemimpin itu... bikin maju," komen @t.tmaisya.

"Para Cendikiawan berkumpul, menghasilkan ide untuk kemajuan bangsa dan negara, itu baru revolusi mental 👏❤️," komen @endahros222.

"Orang berisi memang beda, lihat betapa antusiasnya audien. berisi dan tepat.❤️," ungkap @pangeran_matahari11.

"Calon Presiden Kita❤️❤️❤️❤️," ujar @keana.mishall.