Dirobohkan Zaman Jokowi-Ahok, Masjid Amir Hamzah TIM Dibangun Anies dan Kini Sudah Diresmikan dan Digunakan


[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan penggunaan Masjid Amir Hamzah di dalam kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM) usai revitalisasi, Jumat (3/7/2020).

Peresmian masjid itu turut disaksikan Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla, Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria dan Direktur Utama PT Jakarta Propertindo Dwi Wahyu Daryoto.

Usai diresmikan, Masjid Amir Hamzah langsung dipergunakan untuk Shalat Jumat oleh ratusan warga.

"Alhamdulillah, di hari yang mulia, di hari Jumat Berkah, kita memulai pemanfaatan Masjid Amir Hamzah yang sudah selesai dikerjakan oleh Jakpro selama 1 tahun terakhir ini," kata Anies, Jumat (3/7/2020).

Anies bersyukur pengerjaan proyek pembangunan sesuai dengan target, walaupun terjadi pandemi COVID-19.

"Meskipun kemarin ada pandemi virus corona, tetapi jadwal pembangunan tidak bergeser dan akan menjadi saksi munculnya karya-karya seniman dari TIM," kata Anies.

Pembangunan ulang masjid merupakan bagian dari proses revitalisasi Taman Ismail Marzuki.

Anies berharap bangunan ini bukan saja secara fisik nampak bagus, bukan saja secara fisik bisa dimanfaatkan, tetapi bangunan ini menjadi tempat yang nyaman untuk ide, gagasan, berkembang.  Apalagi ini adalah sebuah masjid.

“InsyaAllah nantinya dapat keduanya. Di sini juga tempat kegiatan ibadah mahdhah, tapi juga di sisi lain ini sebagai suatu tempat di mana para seniman, para budayawan, dan masyarakat dari berbagai tempat di Indonesia bisa merasakan suasana kreatif yang ada di tempat ini,” kata mantan Menteri Pendidikan itu.

Anies mengapresiasi seluruh jajaran Jakpro dan berbagai pihak, terutama Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla. Jusuf Kalla ikut menjadi saksi atas dimulainya kembali masjid Amir Hamzah.

“InsyaAllah ini menjadi bagian dari babak baru bagi kita semua di Jakarta,” kata Anies.

Diketahui, Masjid Amir Hamzah dibongkar dan diruntuhkan berdasarkan kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang saat itu dipimpin oleh Joko Widodo dan Basuki Tjahja Purnama alias Ahok.

Pembongkaran Masjid Amir Hamzah dimaksudkan untuk pengembangan gedung IKJ. Meski sempat dijanjikan akan dibangun kembali sesuai dengan kapasitas yang lebih besar, pada kenyataannya hingga Gubernur Ahok lengser dari jabatannya Mei 2017 lalu, belum ada lagi terdengar isu pembangunannya.


"Ketika Ahok menjabat sebagai Gubernur DKI, Masjid Amir Hamzah di TIM itu memang dirobohkan. Saya sempat dengar dia berjanji akan membangunkan masjid yang sama di sekitar TIM. Ternyata sampai sekarang nggak ada buktinya. Padahal masjid itu bersejarah dan keberadaannya sama-sama dibangun bersamaan dengan adanya kompleks kesenian Taman Ismail Marzuki," kata Seniman teater Jose Rizal Manua, di Jakarta, Selasa (13/12/2016), seperti dilansir Republika.

Sementara itu, penyair terkemuka Taufiq Ismail mengatakan, Masjid Amir Hamzah dulu dibangun sebagai ikhtiar untuk melengkapi sarana ibadah bagi para pengunjung TIM. Masjid tersebut dibangun hampir bersamaan dengan berdirinya kompleks kesenian tersebut.

"Saya kira hanya berselang tiga atau empat tahun setelah kompleks TIM itu berdiri, yakni di awal 1970-an. Yang mengusulkan pendirian itu salah satunya adalah saya dan beberapa seniman lainnya. Yang saya ingat, yang mengusulkan pendirian dan pemilihan nama Masjid Amir Hamzah termasuk penyair Ajip Rosidi. Nama-nama pengusul yang lain tak saya ingat. Sudah sangat lama itu,’’ kata Taufiq Ismail.

Taufiq mengatakan, pemilihan Amir Hamzah sebagai nama masjid di TIM itu sangat bermakna. ’’Amir Hamzah itu seniman atau pujangga besar. Nama itu disandingkan dengan nama besar seniman Betawi yang sudah disematkan menjadi nama kompleks kesenian tersebut, yakni Ismail Marzuki. Saya berharap robohnya masjid TIM dapat jadi pelajaran dan hendaknya segera dapat penggantian,’’ katanya saat itu.

Alhamdulillah... Gubernur DKI Jakarta saat ini, Anies Baswedan telah membangun kembali masjid ikonik khususnya bagi kalangan seniman itu.[]

loading...