Atasi Pengangguran, Sandi Siapkan Program OK Oce Agropreneur


[PORTAL-ISLAM.ID]  Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno kembali menyinggung soal pentingnya penciptaan lapangan kerja.

Pria berlatar belakang pengusaha sukses ini pun mengaku, dirinya bakal membuat gerakan One Center for Entrepreneurship (OK Oce) Agropreneur untuk mengurangi tingginya pengangguran di Kota Batu, Malang, Jawa Timur.

"Malang ini punya potensi agrobisnis, agrowisata. Kami akan menyesuaikan gerakan ekonomi rakyat One Kota/Kabupaten One Center for Entrepreneurship (gerak OK Oce) Agropreneur di sini," kata Sandi saat bersilaturrahmi dengan para pelaku UMKM dan Gabungan Kelompok Tani se-Kota Batu di Lapangan Sidomulyo, Batu Malang, Jawa Timur, Sabtu 24 November 2018.

Sandi mengaku prihatin dengan dipermudahnya aturan untuk tenaga kerja asing. Dia berjanji bakal mempermudah aturan ekonomi untuk industri kecil.

"Soal lapangan kerja ini, kami prihatin dengan deregulasi tenaga kerja asing (TKA). Kami akan mengupayakan deregulasi ekonomi yang berpihak kepada rakyat, gerakan ekonomi rakyat yang berpihak kepada industri kecil dan menengah. Mereka inilah denyut ekonomi Indonesia sesungguhnya," tutur Sandi.

Dalam kesempatan ini, Sandi juga berdialog dengan warga yang hadir. Dia menanyakan tentang sulitnya kondisi yang dialami warga saat mencari kerja.

"Cari kerja susah atau gampang?," tanya Sandi.

"Susah," jawab warga kompak.

"Nah dari data yang saya peroleh, sebanyak 4.000 warga batu menjadi pengangguran. Ada job fair di Batu, pesertanya sampai 6.000 orang. Yang lebih memprihatinkan lagi, banyak lulusan SMK Pariwisata yang menganggur. Ini ironi, apalagi Malang terkenal dengan pariwisatanya. Padahal ada enam hotel baru dari 80 hotel di Batu," ungkap mantan Wakil Gubernur DKI itu.

Sumber: TeropongSenayan