Meredam Rasa Takut Naik Pesawat Pasca Musibah, Amalkan Tuntunan Nabi SAW Berikut Ini..


[PORTAL-ISLAM.ID]  Meredam Rasa Takut Naik Pesawat

Pasca musibah kecelakaan pesawat sebagian orang mulai takut dan makin takut naik pesawat, padahal dalam Bab Keimanan kematian seseorang sudah ada cara dan waktunya masing-masing.

Takut...? Ya wajarlah kita manusia, apalagi yang pernah mengalami turbulensi, sayapun pernah merasakannya. Namun ketakutan yang berlebihan juga tidak baik, sebab merugikan diri sendiri dan tidak dibenarkan syara'.

Untuk meredam rasa takut yang berlebihan itu, marilah amalkan sunnah Nabi ﷺ yang beliau wariskan kepada kita Ummatnya.

Beliau bersabda, “Barang siapa yang menyaksikan orang yang terkena musibah, kemudian mengatakan: (doa dibawah), niscaya Allah akan menghindarkannya dari musibah yang sama sepanjang hayatnya, walau bagaimanapun keadaannya.”

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي عَافَانِي مِمَّا ابْتَلاكَ بِهِ وَفَضَّلَنِي عَلَى كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيلًا

“Alhamdulillahilladzi ‘Aafaaniy mimmabtalaaka bihi wa faddholani ‘alaa katsirin mimman khalaqa tafdhila”

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan aku dari apa yang menimpamu dan memberikan keutamaan kepadaku atas makhluk (lainnya) yang ia ciptakan."  (HR. Tirmidzi dan Ibn Majah, syaikh al-Albani menilainya hasan).

Doa di atas adalah doa bagi seseorang ketika ia melihat orang lain tertimpa musibah secara umum baik musibah dunia, maupun musibah agama. Misalnya melihat (berita) kecelakaan di jalan, melihat (berita) rumah orang dirampok dan lain-lain, agar ia tidak tertimpa musibah yang semisal.

Bagi petugas medis, bisa membaca doa ini ketika melihat penyakit menular agar ia tidak tertular dan terkena penyakit yang sama.

[Ustadz Ispiraini]

***

Doa Saat Keluar Rumah: