Tere Liye: Tulisan ini khusus buat netizen yang menganggap sepele puasa Ramadhan, Muslim Tidak Puasa Ramadhan?

Muslim Tidak Puasa Ramadhan?

BY TERE LIYE

Kewajiban puasa Ramadhan itu TIDAK main-main. Kamu kira bercanda gitu? Itu tuh serius sekali. Jangan dibuat enteng.

Dan berhenti cengengesan saat diingatkan hal begini. Kamu dosa besar ketika dengan sengaja meninggalkan puasa Ramadhan tanpa uzur, tanpa alasan yang dibolehkan. Paham dosa besar? Hanya karena petir tidak menyambar di kepalamu, bukan berarti kamu bisa cengar-cengir.

Berapa lama puasa Ramadhan? 1 bulan, sampai selesai. Tidak bisa kamu semangat 7 hari, sisanya nggak. Atau kamu acak random terserah kamu. Full 1 bulan. Laksanakan. Tidak ada tapi, tapi, tapi. TANPA alasan yang diperbolehkan, kamu super super terlarang membatalkannya sepihak.

Ini kok malah dianggap main2. Giliran buka bareng, eh dia semangat betul. Ternyata puasa tdk genap 1 bulan. Sahur dia ngikut, buka dia ngikut, eh siang dia makan juga. Setiap Ramadhan dia sok sibuk di medsos, sok sibuk di dunia nyata, eh, ternyata tidak genap puasa 1 bulan. Di rumah bergaya puasa, eh keluar ke warung, makan.

Tidak ada negosiasi soal ini. Kamu menyepelekan perintah puasa Ramadhan, menganggapnya santai, terserah2 kamu, itu dosa besar. Ini tuh bukan soal hak asasi, demokrasi. ini soal PERINTAH Tuhan! Dan kamu tdk punya hak secuil pun mengabaikannya.

Di Gaza sana, anak2 kecil, orang2 tua, susah payah buat makan, lagi perang, mereka tetap puasa. Lah, kita? Hidup damai sentosa, tidak terketuk hatinya buat serius puasa?

Maka, siapapun kalian, yg membaca tulisan ini, kalian muslim dan kalian TIDAK puasa Ramadhan tanpa alasan yang dibolehkan, berubahlah. Jangan anggap sepele soal puasa ini. Atau besok2, kelak di hari saat semua akan dihitung, giliran kita yg disepelekan, baru tahu persis betapa pentingnya. Dan nasib, tidak bisa lagi diperbaiki. Tidak ada lagi waktu.

Mumpung kita masih dikasih waktu utk berubah! Ayo, puasa Ramadhan.

*tulisan ini khusus buat netizen yg menganggap sepele puasa Ramadhan.

(fb)
Baca juga :