Menyamar, Pasukan Israel Bunuh 3 Pejuang Palestina di Dalam Rumah Sakit di Jenin Tepi Barat, Sasaran Utama Adalah salah satu komandan Al Qassam

[PORTAL-ISLAM.ID] Tangkapan video saat tentara Israel menyamar dan menyusup ke dalam Rumah Sakit di Jenin, di Tepi Barat, Selasa, 30 Januari 2024. Dalam penyusupan tersebut, tentara Israel menembak mati 3 warga Palestina di dalam Rumah Sakit tersebut. 

Pasukan Israel telah menembak mati tiga warga Palestina di dalam sebuah rumah sakit di kota Jenin di Tepi Barat yang diduduki.

Pembunuhan tersebut dilakukan oleh agen yang menyamar ketika orang-orang tersebut sedang tidur di Rumah Sakit Ibnu Sina, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Palestina dan tentara Israel pada hari Selasa.

“Pagi ini tiga pemuda menjadi syahid oleh peluru pasukan pendudukan [Israel] yang menyerbu Rumah Sakit Ibnu Sina di Jenin dan menembak mereka,” kata Kementerian Kesehatan Palestina di Ramallah.
Tentara Israel mengatakan pasukannya telah “menetralisir” orang-orang yang bersembunyi di rumah sakit dan menjadi anggota “sel teroris” Hamas.

“Sebuah senjata ditemukan pada orang yang dicari, yang disita oleh pasukan,” tambah pernyataan militer.

Dilaporkan bahwa salah satu pria tersebut “baru-baru ini terlibat dalam mempromosikan aktivitas teroris yang signifikan dan bersembunyi” di rumah sakit.

Direktur rumah sakit Naji Nazzal mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa “sekelompok pasukan Israel memasuki fasilitas tersebut dengan menyamar dan membunuh orang-orang tersebut”.

Mereka menggunakan senjata yang dilengkapi peredam suara, tambahnya.

Kantor berita resmi Palestina Wafa menyebut ketiga pria tersebut sebagai Muhammad Jalamnah, Muhammad Ayman Ghazawi dan Basel Ayman Ghazawi.
Sasaran utama operasi tersebut adalah Muhammad Jalamnah yang jasadnya dibungkus dengan bendera Hamas (hijau paling bawah) dan dua bersaudara Muhammad Ayman Ghazawi dan Basel Ayman Ghazawi yang dibungkus dengan bendera Jihad Islam.

Menurut pengumuman Hamas, Muhammad Ayman Ghazawi dan Basel Ayman Ghazawi termasuk di antara pendiri Brigade Al-Quds di Jenin (cabang militer Jihad Islam).

Muhammad Jalamnah adalah salah satu komandan dan juru bicara Brigade Al-Qassam Batalion Kota Jenin, sebab itu "harga kepalanya" mahal dan berada di Top List buronan Israel, hingga saat ia di rumah sakit pun ia diburu dan dibunuh.

Rekaman kamera keamanan (CCTV) yang beredar online menunjukkan sekitar selusin personel yang menyamar, termasuk tiga orang berpakaian wanita dan dua orang berpakaian seperti staf medis, berjalan melalui koridor rumah sakit dengan senapan serbu.

[Rekaman CCTV]

Respons Hamas

Hamas mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “kejahatan tentara Israel tidak akan dibiarkan begitu saja,” dan menambahkan bahwa pembunuhan tersebut adalah “kelanjutan dari kejahatan pendudukan yang sedang berlangsung terhadap rakyat kami dari Gaza hingga Jenin”.

Pernyataan itu mengatakan bahwa salah satu pria terluka dan terbaring di tempat tidur ketika dia dibunuh.

Dari ketiga orang tersebut, Hamas mengonfirmasi bahwa salah satu dari mereka adalah salah satu anggotanya, dan satu lagi adalah anggota Batalyon Jenin. Yang ketiga juga seorang pejuang Palestina.

Upacara pemakaman ketiga pria tersebut berlangsung pada siang hari, saat massa melewati jalan-jalan Jenin untuk persiapan melaksanakan salat jenazah agar mereka nantinya dapat dimakamkan di pemakaman kamp pengungsi Jenin. Media Palestina memuat adegan pemakaman tersebut.

'Pembunuh yang menyamar'

Charles Stratford dari Al Jazeera, melaporkan dari Ramallah di Tepi Barat yang diduduki, mengatakan, menurut staf medis, satu dari tiga warga Palestina yang tewas di rumah sakit sedang dirawat karena cedera yang diterimanya dalam serangan tentara sebelumnya beberapa bulan lalu.

“Ini pertama kalinya sejak awal perang di Gaza kita melihat operasi tentara Israel seperti ini di dalam institusi medis sipil,” katanya.

“Militer Israel akan mengepung rumah sakit dan terkadang dituduh menyerang fasilitas medis dari jarak jauh,” kata koresponden kami.

Dia menambahkan: “Kita hanya bisa membayangkan teror yang dialami pasien dan staf di rumah sakit di Jenin. Ini hanyalah contoh lain betapa tekadnya tentara Israel untuk terus melakukan serangan ketika mereka menargetkan pejuang perlawanan bersenjata di seluruh wilayah pendudukan Palestina.”

Rory Challands dari Al Jazeera, yang melaporkan dari Yerusalem Timur yang diduduki, mengatakan bahwa para penyerang berpakaian seperti dokter, perawat, dan bahkan warga sipil.

“Unit ini terdiri dari personel polisi dan tentara Israel. Mereka naik ke lantai tiga rumah sakit dan menembak mati tiga pemuda Palestina,” katanya.

“Sepertinya tidak ada upaya untuk menangkap orang-orang ini. Mereka dibunuh saat mereka sedang tidur,” tambah koresponden kami.

Sejak awal perang Israel di Gaza, pasukan Israel telah melakukan penggerebekan dan penangkapan di Tepi Barat setiap hari.

Ratusan orang telah terbunuh dan ditangkap sejak serangan Hamas pada 7 Oktober terhadap Israel, yang menewaskan sekitar 1.140 orang dan sekitar 250 orang disandera.

Sekitar 100 tawanan dikembalikan ke Israel berdasarkan perjanjian gencatan senjata pada November lalu dengan imbalan pembebasan tahanan Palestina di penjara-penjara Israel.

Setidaknya 26.637 orang tewas dan 65.387 luka-luka dalam serangan Israel di Gaza.

(Sumber: Al Jazeera, dan chanel Telegram)

[VIDIO - Pemakaman 3 Syuhada Jenin]
Baca juga :