Kenapa Anies Baswedan Dijuluki ‘Abah Online’ saat Live TikTok?

[PORTAL-ISLAM.ID] Calon presiden (capres) Anies Baswedan, tengah trending di media sosial TikTok. Anies menjadi trending topic setelah untuk pertama kalinya ia melakukan live TikTok pada Jumat, (29/12/2023) malam yang ditonton 300 ribu lebih. Anies saat itu live TikTok dalam perjalanan di Jawa Timur dengan kendaraan mobil.

Kemudian, Anies untuk kedua kalinya melakukan live TikTok pada Sabtu (30/12/2023) siang kemarin. Kali ini Anies live TikTok dalam perjalanan menggunakan kereta api. Live TikTok kedua ini bahkan ditonton 420 ribu lebih pengguna TikTok.

Dari dua kali live TikTok ini, netizen kemudian memberi julukan Anies Baswedan sebagai ‘Abah Online’ atau 'Bapak Online'.

Kenapa Anies Baswedan dijuluki Abah Online?

Dalam live TikTok itu, berbagai bahasan ringan dan pesan capres Anies yang dekat dengan keseharian anak muda disampaikan. Mulai dari jangan takut gagal, skripsi, soal pengalaman baru bahkan hingga Anies yang menanyakan bagaimana cara mematikan live TikTok disambut hangat netizen.

Pengguna TikTok mengatakan sangat tersentuh dengan sikap Anies yang sangat kebapakan. Anies disebut tampil lembut layaknya seorang ayah bagi para pengguna TikTok yang didominasi gen Z.

“Pak, I don’t have a father and I love to get you asa father figure,” (Pak, saya tidak punya ayah dan saya senang bisa menjulukimu sebagai figur ayah) ujar warganet @mile**** saat mengabadikan chat tersebut.

Jawaban Anies membuat warganet itu merasa mendapatkan sesuatu yang dicarinya yakni figur seorang ayah. Jawaban itu terungkap dalam live TikTok pada Sabtu 30 Desember 2023 ketika Anies sedang menempuh perjalanan di dalam kereta api.

"Ou..Yea I'm sorry to hear (oh ya, saya turut berduka), I'm happy (saya bahagia) untuk bisa berbagi. Dan apabila ada yang bisa saya kerjain mm yeaa seperti ngobrol di sini, Let me know (kabari saya ya),” ujar Anies kepada pengguna TikTok.

Anies bahkan membolehkan follower-nya di TikTok bagi yang ingin memanggilnya dengan sebutan ‘Abah’. Sebutan itu ditujukan kepada sosok ayah secara intim.

“Pak, boleh nggak aku manggil (dengan panggilan) Abah?" ucap Anies membacakan salah satu komentar saat live TikTok. 

"Boleh, dong. Boleh sekali,” ucap eks Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Netizen lain mengungkap hal senada.

"Tadi di live aku bilang ke Pak Anies 'i don't have father since i was child, and i see u as a father (saya tidak punya ayah sejak kecil, dan saya melihat Anda selayaknya ayah saya sendiri). Dan Pak Anies responnya hangat dan comforting (membuat nyaman) banget, emang cocok nonton live beliau bagi kaum-kaum fatherless (gak punya ayah) kayak aku gini hahaha,” tulis akun @megistusta.

Netizen lain mengatakan Anies memiliki sifat khas bapak-bapak yang polos dan lucu ketika menggunakan teknologi kekinian. Bukannya merendahkan, mereka justru merasa lucu dan menganggap Anies sangat apa adanya.

"Pak Anies live di TikTok: gak tahu cara matiin live, kaget nunjukin buku kebalik karena kamera mirror, kepencet filter beauty. He really took the role for this fatherless country (dia benar-benar berperan penting pada rakyat yang banyak kekurangan sosok seorang ayah dalam hidupnya)," tulis akun @catquean.

Salah satu momennya saat Anies menunjukkan sebuah buku yang dibacanya justru terbaca terbalik. 

Ia baru menyadari bahwa kamera untuk live TikTok tersebut mirror, sisi kanan di buku tersebut terlihat seperti sisi kiri dari penonton live sehingga tulisannya tidak terbaca.

Adapun buku yang ditunjukkan Anies berjudul Power and Progress: Our 1000-Year Struggle Over Technology and Prosperity (Kekuasaan dan Kemajuan: Perjuangan 1000 Tahun Kita Atas Teknologi dan Kemakmuran). Buku yang dirilis pada 2023 itu ditulis oleh Daron Acemoglu dan Simon Johnson.

Tingkah polos Anies yang gaptek TikTok ini justru malah mendapat apresiasi dari Gen-Z. Anies benar-benar representasi bapak-bapak yang tidak dibuat-buat.

Simbol Kebijakan Burung Hantu (Owl)

Anies bahkan diberikan sebuah emoticon yang merepresentasikan dirinya, seperti yang biasa dimiliki idol K-pop. Emoji untuk Anies adalah burung hantu. Alhasil, mantan gubernur DKI Jakarta ini dijuluki Owl Ahjussi.

Burung hantu (Owl) adalah simbol ilmu pengetahuan, kecerdasan, dan kebijaksanaan.

"crazy how pak anies makes gen z turn their head to him just from doing a tiktok live and being an unpaid therapist. other paslon even make gemoy branding and trying to look like they understand gen z trends but it is NOT working! guess all we need is emotional support lmao 😂"

"Gila pak anies bikin gen z menoleh ke dia hanya dari nge-live tiktok dan jadi terapis tak berbayar. paslon lain bahkan membuat branding gemoy dan berusaha terlihat memahami tren gen z tetapi TIDAK berhasil! kurasa yang kita butuhkan hanyalah dukungan emosional lmao 😂," komen akun X @indigIoss.

👇👇
Baca juga :