Deretan Selebriti yang Kena Hujat Netizen Gegara Bela Israel

[PORTAL-ISLAM.ID] Pada Sabtu (7/10/2023), Pejuang Hamas melancarkan serangan secara mengejutkan terhadap Israel. Sebaliknya, Israel pun menyatakan status perang dan Pasukan Pertahanan Israel langsung mengumumkan serangan balik dengan membombardir Gaza.

Israel mengatakan bahwa 1.300 orang tewas dalam serangan roket dan serangan mematikan ke wilayah Israel yang dilakukan oleh pejuang Hamas dan lebih dari 3.000 orang terluka. 

Sementara para pejabat di Gaza mengatakan bahwa serangan balasan Israel terhadap wilayah kantong Palestina telah menewaskan lebih dari 1.500 orang dan melukai lebih dari 6.600 orang. PBB pada Kamis (12/10) mengatakan 12 pekerjanya tewas di Gaza oleh serangan Israel sejak Sabtu.

Sejumlah artis Hollywood menyuarakan pendapatnya terkait konflik Hamas-Israel. Tak sedikit yang menyatakan dukungan untuk Israel lewat media sosial, namun mereka menuai kritik, para followers-nya menilai para selebriti ini tidak tahu apa-apa tentang sejarah konflik yang sudah puluhan tahun berlangsung itu.

Netizen berpendapat mereka seharusnya membela Palestina, bukan Israel. Banyak pula orang memasang bendera Palestina di kolom komentar dan menuduhnya "kurangnya pengetahuan dan kepedulian."

Dilansir detikcom, ini para artis yang dikritik karena mendukung Israel:

1. Ashley Tisdale

Aktris Ashley Tisdale mengunggah foto bendera Israel di Instagram Story dengan tulisan, "Now and always, we stand with the people of Israel!"

"Menunjukkan dukungan kepada Israel tidak menjadikan seseorang anti Palestina dan menunjukkan dukungan terhadap Palestina tidak menjadikan seseorang antisemit," tulis Tisdale pada Minggu (8/10/2023).

Segera setelah itu, orang-orang meninggalkan komentar yang mengatakan mereka kecewa dengan Ashley dan berencana memboikot filmnya.

2. Gal Gadot

Bintang film 'Wonder Woman' ini menunjukkan dukungan untuk Israel dengan mengunggah lambang bendera Israel di feed Instagram. Dia dengan gamblang menyatakan berada di pihak Israel dan meminta followers-nya untuk ikut mendukung.

"Saya mendukung Israel, kalian juga harus melakukannya. Dunia tidak bisa berdiam diri ketika aksi teror mengerikan ini terjadi!" tulisnya.

Unggahan Gal Gadot mendapat lebih dari 5.000 komentar, banyak di antaranya yang justru menulis 'Bebaskan Palestina'.

Gal Gadot sendiri adalah orang Israel dan sudah ikut wajib militer Israel.

3. Madonna

Madonna memposting video di Instagram yang menunjukkan rekaman roket dan mayat-mayat di jalanan Israel. Dia juga menuliskan kalimat panjang untuk mendukung Israel.

"Hati saya tertuju pada Israel. Kepada keluarga dan rumah yang telah hancur. Kepada anak-anak yang hilang. Kepada Korban tak bersalah yang telah terbunuh. Kepada semua yang menderita atau yang akan menderita akibat konflik ini. Saya berdoa untuk Anda. Saya sadar bahwa ini adalah perbuatan Hamas dan ada banyak orang tak berdosa di Palestina yang tidak mendukung organisasi teroris ini. Serangan tragis ini hanya akan menyebabkan lebih banyak penderitaan bagi semua orang," tulisnya.

Unggahannya memicu kontroversi di kolom komentar yang sudah dipenuhi belasan ribu komentar. Sebagian besar mengritik, menulis 'bela Palestina' dan memasukkan gambar bendera Palestina.

4. Kylie Jenner

Kylie Jenner juga menjadi salah satu public figure yang memberikan dukungan pada Israel. Namun, belum ada 24 jam mengunggah dukungannya terhadap, Kylie sudah menghapusnya.

Dilansir dari New York Post, Selasa (10/10/2023) Kylie Jenner diketahui me-repost unggahan dari @StandWithUs. Unggahan itu memperlihatkan bendera Israel dengan meme bertulisan 'Now and always, se stand with the people of Israel!'.

Ratusan komentar bernada menghujat wanita 26 tahun ini langsung membanjiri kolom komentarnya. Banyak netizen memintanya tak ikut campur urusan politik apalagi dengan mengatakan mendukung Israel, tanpa peduli dengan kondisi Palestina yang sudah lama menderita. Hati nurani Kylie juga banyak dipertanyakan.

Baca juga :