HAHAHA POLITIK IDENTITAS

[PORTAL-ISLAM.ID]  HAHAHA POLITIK IDENTITAS....

Ganjar Safari Politik di Masjid Agung Banten, Bawaslu: Tidak Melanggar

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI angkat bicara terkait safari politik yang dilakukan capres PDIP, Ganjar Pranowo, di Masjid Agung Banten. Bawaslu menyatakan, Ganjar tidak melanggar ketentuan karena masa kampanye belum dimulai. 

Komisioner Bawaslu RI Totok Hariyono kepada wartawan di kantornya, Jakarta, Rabu (31/5/2023), menjelaskan, aksi Ganjar tersebut tidak masuk kategori pelanggaran karena terjadi sebelum masa kampanye. Adapun ketentuan larangan berkampanye di tempat ibadah berlaku saat tahapan kampanye dimulai pada bulan November 2023 mendatang. Selain itu, Ganjar belum terdaftar secara resmi sebagai capres. 

Dalam kesempatan itu, Totok juga merespons kritikan warganet yang menilai Bawaslu mendiamkan aksi Ganjar safari politik di masjid. Totok berharap media massa memberikan penjelasan kepada masyarakat bahwa "tangan Bawaslu terbatas". Sesuai regulasi yang ada, kata dia, Bawaslu baru bisa menindak dugaan pelanggaran kampanye pada masa kampanye. 

Ganjar diketahui menyambangi Masjid Agung Banten di Jalan Raya Banten, Kasemen, Kota Serang, Provinsi Banten, Ahad (28/5/2023). 

**************

Bawaslu Kirim Pesan 'Blast' kepada Anies Baswedan, Imbau Tak Kampanye di Masjid

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengaku telah mengirimkan pesan secara massal (blast) kepada bakal calon presiden Anies Baswedan agar tidak berkampanye di tempat ibadah khususnya masjid.

Anggota Bawaslu Lolly Suhenty mengatakan itu merespons kegiatan Anies Baswedan di Masjid Al Akbar, Surabaya, Jumat, 17 Maret 2023, yang mulanya dibuka ibadah salat Jumat di masjid itu. Pesan blast itu dilakukan oleh Bawaslu Jawa Timur demi mencegah kegiatan kampanye ketika masa sosialisasi politik yang saat ini tengah berlangsung.

"Itu sesungguhnya saya baru mendapatkan informasi kemarin, tapi ini adalah upaya pencegahan yang dilakukan teman-teman Bawaslu di Jawa Timur," ujar Lolly ketika hadir di acara Munggahan Pengawasan bertajuk "Bincang-bincang Bawaslu dengan Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2024" di Jakarta, Sabtu, 18 Maret 2023.

Baca juga :