Surya Paloh: "Kalau Anies dan saya tidak berniat baik, rintangan ini akan sulit kita lalui"

[PORTAL-ISLAM.ID] Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memberikan tanggapan perihal isu keroposnya koalisi Nasdem bersama Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mengusung Anies Baswedan sebagai capres.

"Kalau Anies dan saya tidak berniat baik, rintangan ini akan sulit kita lalui. Tapi sepanjang kami berdua masih konsisten dengan seluruh niat baik yang ada dalam pikiran-pikiran kami, Insya Allah kita atasi permasalahan itu," ujar Surya Paloh usai meresmikan Gedung Kantor Partai Nasdem Bangka Belitung, Senin, 22 Mei 2023.

Surya Paloh menuturkan NasDem melihat ada cahaya terang di depan karena merasa saat ini musuh-musuh yang memerangi NasDem dan Anies Baswedan semakin sedikit.

"Kawan semakin banyak, musuh semakin sedikit. Itu yang saya yakini. Bukan sebaliknya. Sepanjang kami datang dengan semangat dan sikap jujur dengan mengakui dimana kekurangan dan kesalahan kita serta bagaimana upaya kita untuk memperbaikinya," ujar dia.

Surya Paloh tidak mau ambil pusing dengan tuduhan memainkan politik identitas yang ditujukan kepada Anies Baswedan. Dia meyakini Anies masih yang terbaik karena proses dukungan sudah melalui pendekatan akal sehat, personalitas dan emosi diri.

"Yang terbaik ini memang akan dapat rintangan dan tantangan. Ini tidak akan berhenti hanya soal pemahaman orang lain. Kita mendorong dia agar mampu mencapai objektivitas yang diharapkan di pemilu 2024. Posisinya sebagai capres lalu presiden itu diperlukan perjuangan tidak ringan," ujar dia.

Anies Baswedan menambahkan pihaknya berharap para kader partai dan relawan untuk dapat membawa pesan yang mempersatukan.

"Dalam menjangkau masyarakat bawa pesan yang mempersatukan. Jangan pesan yang memecah belah. Kalau pun ada yang menyampaikan pesan membelah, jangan dibalas dengan pembelahan. Balas dengan pesan yang mempersatukan. Karena kita ingin bersatu," ujar dia.

Baca juga :