KONDISI DARURAT... SBY AKHIRNYA TURUN TANGAN... WARNING MK DAN MA JANGAN MAIN-MAIN !!!

[PORTAL-ISLAM.ID] Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY akhirnya turun gunung atas kondisi carut marut politik menjelang Pemilu dan Pilpres 2024.

Melalui akun media sosialnya, Minggu (28/5/2023), SBY menyoroti dua permasalahan, pertama terkait beredarnya kabar MK bakal mengubah Sistem Pemilu menjadi TERTUTUP, dan kedua persoalan gugatan kasasi yang diajukan Moeldoko ke MA terkait Partai Demokrat.

Berikut selengkapnya pernyataan SBY di akun twitternya (28/5/2023):

1. Menarik yg disampaikan Prof Denny Indrayana melalui twitnya ttg informasi bakal ditetapkannya Sistem Proporsional Tertutup oleh MK dlm Pemilu 2024. Juga menarik, mengait PK Moeldoko di MA yg digambarkan Partai Demokrat sangat mungkin diambil alih Moeldoko 

2. Prof Denny Indrayana adl mantan Wamenkumham & ahli hukum yg kredibel. Karenanya, saya tergerak berikan tanggapan ttg sistem pemilu yg akan diputus MK & PK Moeldoko di MA yg ramai diisukan Partai Demokrat bakal dikalahkan & diambil alih oleh Kepala Staf Presiden Moeldoko.

3. Jika yg disampaikan Prof Denny Indrayana “reliable”, bahwa MK akan menetapkan Sistem Proporsional Tertutup, dan bukan Sistem Proporsional Terbuka seperti yg berlaku saat ini, maka hal ini akan menjadi isu besar dalam dunia politik di Indonesia.

4. Ada 3 hal yg ingin saya sampaikan berkaitan dgn sistem pemilu yg hendak diputuskan MK. Mungkin ini juga pertanyaan mayoritas rakyat Indonesia & mayoritas partai-partai politik. Saya pikir para pemerhati pemilu & demokrasi juga memiliki kepedulian yg sama.

5. Pertanyaan pertama kpd MK, apakah ada kegentingan & kedaruratan sehingga sistem pemilu diganti ketika proses pemilu sudah dimulai? Ingat, DCS (Daftar Caleg Sementara) baru saja diserahkan kpd KPU. Pergantian sistem pemilu di tengah jalan bisa menimbulkan “chaos” politik.

SELENGKPANYA...
Baca juga :