DARI SEA GAMES 2023 DI KAMBOJA, KITA AKHIRNYA MENYADARI INDONESIA MEMANG MACAN ASIA!!!

DARI SEA GAMES DI KAMBOJA, KITA AKHIRNYA MENYADARI INDONESIA MEMANG MACAN ASIA!!!

By Azwar Siregar

Saya asli tidak bisa menahan tawa, menonton video yang menunjukkan beberapa "keanehan" Penyelenggaraan Sea Games di Kamboja tahun ini.

Mulai dari "Tiang Bendera Manusia", Penenerangan pakai Lampu Mobil, Kursi Plastik di Ruang Ganti Pemain, sampai Hotel buat Peserta yang bocor ketika hujan deras.

Diperhelatan Olahraga antar Negara seperti Sea Games ini, mustahil Negara Penyelenggara tidak berusaha semaksimal mungkin untuk menyiapkan fasilitas yang "wah". Karena hal tersebut akan menjadi "wajah" mereka di mata Negara lain dan Dunia.

Artinya Kamboja sudah berusaha memberikan fasilitas sebaik mungkin. Tapi kemampuan "ekonomi" mereka cuma sebatas demikian.

Sangat jauh berbeda dengan Indonesia. Walaupun belum "sehebat" Qatar, tapi kita juga mampu membangun fasilitas-fasilitas khusus, termasuk Gedung Atlet, Stadion Baru, dan bahkan sarana transportasi modern untuk menyambut Penyelenggaraannya.

Belum lagi kalau berbicara modernisasi dan wajah kemakmuran. Indonesia seharusnya berada dibarisan terdepan. Baik dari segi Sumber Daya Manusia maupun Sumber Daya Alamnya.

Kemarin saya membaca orang Indonesia yang membeli tiga Rumah senilai 2,3 triliun di Singapura. Dua triliun lebih, coy...?

Kalau itu belum hebat, beberapa tahun sebelumnya, Konglomerat asal Indonesia membeli sebuah Mall di Singapura senilai 9,5 triliun!

Konglomerat kelahiran Medan-Belawan ini menjadi Kaya-raya karena bisnis Kayu dan olahannya. Kemudian bisnis Kebun Sawit. Konon HGU-nya hampir sepuluh kali luas Negara Singapura di Riau!

Jadi Indonesia memang benar- benar Macan Asia. Paling tidak, seharusnya bisa menjadi Negara Paling Makmur dan paling kaya serta jadi Pemimpin minimak di Asia Tenggara.

Bukan seperti sekarang. Pengutang terbesar ke Singapura. Pengirim terbesar TKI dan TKW ke Malaysia. Penduduknya masih banyak yang Miskin dan Buta Huruf (Tonton saja video Baim). Jalanan masih banyak yang rusak. Bukan cuma di Lampung. Juga di Kalimantan dan Jawa Tengah!

Indonesia seperti memiliki dua wajah. Modernitas dan kemakmuran tanpa batas (sampai Warganya bisa beli Mall di Singapura), tapi juga wajah kemiskinan yang sangat ekstrim (masih ada rakyat kita yang kelaparan).

Ayo bangkit dan kita sadarkan diri kita semua. Indonesia adalah Negara Hebat. Negara Kaya. Negara yang luar biasa. Luas wilayah kita mungkin saja masih lebih luas dari semua Negara Asean lain kalau digabungkan.

Bangsa kita adalah bangsa Pejuang. Bangsa Pemenang. Kita adalah Keturunan Nenek Moyang yang hebat-hebat. Bekas Penguasa Daratan dan Lautan yang melingkupi banyak Negara Asean sekarang.

Bangsa besar dan bangsa Pejuang ini harus dipimpin orang besar yang juga bermental Pejuang. Orang yang sudah harus selesai dengan dirinya sendiri. Orang Merdeka yang bukan bawahan siapa-siapa. Orang yang memiliki cita-cita besar. Menjadikan Indonesia sebagai Macan Asia.

PRABOWO!
Baca juga :