Pemimpin Tertinggi Taliban Minta Pendukungnya Persiapkan Jihad Global untuk Tegakan Syariah

[PORTAL-ISLAM.ID]  Mullah Hibatullah Akhundzada, pemimpin tertinggi Taliban atau Imarah Islam Afghanistan (IIA), dilaporkan menginstruksikan para pendukungnya untuk mempersiapkan jihad di negara bagian lain. Hal itu terungkap dalam laporan pertemuan Hibatullah dengan sejumlah pejabat IIA, lapor 8am (11/3/2023).

Sebuah versi laporan yang dikutip 8am menunjukkan bahwa Hibatullah mendorong perluasan perang lintas batas negara melalui sebuah dekrit.

Menurutnya, para tentara IIA harus mengenakan baju besi mereka dan bersiap untuk menerapkan Syariah di seluruh dunia.

Dia menekankan bahwa suatu hari dia akan mengirim anggota pasukan IIA ke bagian lain dunia.

“Sekarang setelah Anda datang ke kota-kota, serukan orang-orang di kota-kota itu kepada agama Allah dan biasakan mereka dengan agama tersebut sehingga tidak ada satu orang pun yang tersisa untuk tidak berada dalam agama Allah. Setiap orang harus menjadi seorang Muslim sejati dan tulus dan sangat sehingga Anda dapat mengatur sistem Islam di seluruh dunia,” seru Hibatullah dalam laporan itu.

Lebih lanjut pemimpin kelompok Taliban itu menambahkan bahwa kapanpun seluruh rakyat Afghanistan harus siap mengorbankan nyawanya untuk agama. Kemana pun dia utus, maka mereka harus pergi kesana.
Hibatullah (57) adalah pemimpin IIA yang lahir di desa Nakhoni di provinsi Panjwai Kandahar. Ayahnya, Mawlawi Mohammad Khan, adalah penduduk asli suku Noorzai dan terlibat dalam pemberontakan tahun 1978 di Kandahar melawan pemerintahan Noor Mohammad Taraki. Setelah invasi pasukan Soviet dan kematian ayahnya, Hibatullah dan keluarganya pindah ke “Rig” di distrik Ainu Mina, lalu ke kamp Jangal Pir Alizai di Balochistan, Pakistan.

Sejak kecil, Hibatullah bersekolah di sekolah agama dan menyelesaikan kursus Hadits dengan beberapa mullah, termasuk Mullah Habibullah, menteri pendidikan IIA saat ini. Setiap tahun, dia melakukan perjalanan dari Balochistan ke Kandahar untuk berjuang bersama Mullah Haji Mohammad Akhund selama konflik dengan Uni Soviet.

Ketika Mullah Mohammad Omar, mantan pemimpin Taliban, mendirikan IIA versi pertama pada tahun 1996, ia diangkat sebagai ketua Pengadilan Militer Kabul. Dia kemudian memimpin Pengadilan Militer Nangarhar untuk Zona Timur selama dua tahun sebelum kembali ke peran sebelumnya sebagai kepala Pengadilan Militer Kabul sampai jatuhnya IIA versi pertama.

Pada 2015, Mullah Hibatullah terpilih sebagai wakil kelompok Taliban, tetapi dia memegang peran tersebut hanya selama 10 bulan sampai kematian Mullah Mohammad Omar diumumkan dan Mullah Akhtar Mohammad Mansour terpilih sebagai pengganti Omar.

Selanjutnya, Mullah Hibatullah mengambil alih komando memimpin Imamah di Masjid “Haj Mohammad Hosni” dan “Masjid-ul-Haj,” serta mengoordinasikan pasukan Taliban.

Pada 2016, Mullah Hibatullah mengambil alih sebagai pemimpin kelompok Taliban setelah Akhtar Mohammad Mansour terbunuh.

Meski dikenal pendiam, Mullah Hibatullah sangat tegas dalam perspektif agama dan menolak interaksi apa pun yang dia yakini bertentangan dengan Islam.

Mullah Hibatullah, berbeda dengan mayoritas pemimpin Taliban. Dia hanya memiliki satu istri dan lima putra serta tiga putri. Dua putranya terbunuh, satu tewas dalam serangan bom di kota Helmand Gerishk, dan yang lainnya tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS. Selain itu, salah satu putranya terluka dalam ledakan Quetta. Saat ini, keluarganya tinggal di Kota Komando, yang terletak di distrik kepolisian 10 Kota Kandahar, yang dulunya dihuni oleh keluarga mantan aparat keamanan. (arrahmah)
Baca juga :