Qatar mengirim 10.000 unit rumah mobil yang digunakan selama Piala Dunia untuk tempat tinggal sementara korban gempa Turki-Suriah

Body
[PORTAL-ISLAM.ID]  Gelombang pertama 10.000 rumah mobil yang dijanjikan oleh Qatar untuk daerah yang dilanda gempa di Turki telah sampai ke negara tersebut.

Menurut foto yang dirilis secara online, rumah kontainer menawarkan ruang hidup yang nyaman, dengan interior yang menyerupai kamar hotel dan menampilkan tempat tidur kembar dan beberapa perabot.

Selama Piala Dunia 2022 kemarin, Qatar menyiapkan unit rumah kontainer, yang dipasang di hamparan gurun kosong yang mengelilingi ibu kota Qatar, Doha, untuk menampung para fans sepak bola dari seluruh dunia yang berkunjung ke Piala Dunia 2022 Qatar.

Fans membayar sekitar $200 per malam untuk tinggal di unit perumahan, yang membantu menghindari potensi kekurangan kamar hotel selama turnamen sebulan penuh yang diadakan pada bulan November dan Desember 2022.

Koridor udara telah dibangun antara Qatar dan Turki beberapa jam setelah bencana. Unit pencarian dan penyelamatan yang dilatih dalam misi internasional dari Pasukan Keamanan Internal Qatar (Lekhwiya) juga telah dikirim ke Turki bersama dengan rumah sakit lapangan, tenda, dan perlengkapan musim dingin.

Qatar telah menyumbangkan portacabin dan rumah mobil yang digunakan untuk turnamen sepak bola Piala Dunia tahun lalu ke zona gempa di Turki dan Suriah di mana mereka akan menampung orang-orang yang kehilangan tempat tinggal, kata seorang pejabat Qatar kepada Reuters, Senin (13/2/2023).

“Mengingat kebutuhan mendesak di Turki dan Suriah, kami telah mengambil keputusan untuk mengirimkan kabin dan karavan kami ke wilayah tersebut, memberikan dukungan yang sangat dibutuhkan dan segera kepada rakyat Turki dan Suriah,” kata pejabat Qatar.
Korban tewas gabungan di Turki dan Suriah dari gempa berkekuatan 7,8 Senin lalu dan gempa susulan mendekati 36.000 dan tampaknya akan meningkat, karena fokus tanggapan beralih dari menyelamatkan korban selamat yang terjebak di bawah reruntuhan menjadi menyediakan tempat berlindung, makanan, dan perawatan psikososial.

Baca juga :