Negeri Belanda sudah kedatangan Islam dari Andalusia, sebelum VOC ke Nusantara

Joram van Klaveren, seorang mantan Politisi Belanda yang dikenal anti-Islam yang akhirnya masuk Islam.

Di akun twitternya @JoramvKlaveren menulis:

"Islam adalah bagian dari Belanda, bahkan sebelum kita merdeka dari Spanyol. Dalam sebuah surat yang ditulis oleh diplomat Belanda Théodore Rodenburgh pada abad ke-17, dia menyebutkan kuburan Muslim di kota Middelburg Belanda (1574 - 1644). Beberapa kuburan ini menghadap Mekah #Islam."

*Belanda memerdekakan diri dari Spanyol pada 23 Mei 1568. Namun Kemerdekaan Belanda mulai mendapatkan pengakuan pada 30 Januari 1648. Kemerdekaan Belanda diperoleh setelah adanya perang selama 80 tahun. Belanda melakukan pemberontakan sejak 1566 hingga 1648. 

***

Gak heran kalau negri Londo udah kedatangan kaum muslim dari Andalusia jauh sebelum bule-bule londo merdeka dari Spanyol. 

Pengaruh Andalusia memang begitu besar di Eropa di masa itu, jadi gak heran kalo para "musulmanes" udah nyebar sampe ke pelosok Eropa,

Juga gak heran kalo nanti ketemu fakta bahwa negeri nusantara ini udah lama punya jalinan hangat dengan Andalusia, karena Andalusia pada masa keemasannya udah punya armada kapal yang canggih yang bisa menjelajah hampir ke seluruh dunia, juga lengkap dengan armada kapal perang yang keren di masa itu.

Jadi gak heran kalau pulau Sumatera itu dikenal dengan nama "Andalas" dari Andalusia, karena orang-orang Arab di masa itu udah sering menulis ada Andalusia di timur yang artinya kepulauan nusantara kita ini.

Jadi kemungkinan teori kenapa bule-bule londo sampai ke Indonesia: karena mereka tau jalur dagang antar Andalusia dengan nusantara, trus mereka bikin startup bernama "Verenigde Oostindische Compagnie" alias VOC atau Dutch East India Company, yang kemudian dikenal sebagai startup paling sukses sejagad raya ini, dan mulailah mereka melakukan misi kolonialisasi ke Andalusia Timur (Nusantara) ini.

(By Susan Devy)

Baca juga :