Malaysia larang peredaran 3 buku berisi konten LGBT

[PORTAL-ISLAM.ID]  KUALA LUMPUR – Kementerian Dalam Negeri (KDN) Malaysia melarang peredaran tiga buku yang berisi konten-konten amoral hingga lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT). Ketiga buku itu berjudul The Tale of Steven, Jacob’s Room to Choose, dan Aku.
“Pemerintah berkomitmen mencegah penyebaran unsur-unsur yang merusak moral masyarakat yang secara tidak langsung dapat berkontribusi pada pengikisan ras dan bangsa,” ungkap Kementerian Dalam Negeri Malaysia. 
Kementerian tersebut menyatakan perintah penarikan buku-buku itu dikeluarkan sesuai dengan Undang-Undang Percetakan dan Publikasi tahun 1984 (Diubah 2012).

Dalam undang-undang tersebut, Malaysia melarang keras mencetak, mengimpor, memproduksi, mereproduksi, menerbitkan, menjual, mengedarkan, mendistribusikan, sampai memiliki publikasi-publikasi tersebut.

“Ketiga publikasi tersebut memiliki konten yang dapat merusak moral. Publikasi Aku ditemukan memiliki konten cabul dan tidak bermoral yang dapat mempengaruhi perilaku pribadi dan bertentangan dengan nilai-nilai kesopanan dalam masyarakat Malaysia,” bunyi pernyataan KDN.

“The Tale of Steven dan Jacob’s Room To Choose dianggap mempromosikan gaya hidup LGBT yang dipandang sebagai ancaman terhadap nilai-nilai luhur yang diajarkan oleh agama dan masyarakat Timur selama ini,” paparnya menambahkan seperti dilansir Malay Mail, pada Kamis (16/2/2023).

“Jacob’s Room to Choose” merupakan sebuah buku anak-anak tentang ekspresi dan identitas gender. Buku tersebut menceritakan seorang guru mendidik anak-anak tentang identitas gender di sebuah sekolah setelah seorang siswa yang mengenakan gaun merasa tidak diterima saat masuk toilet anak laki-laki. Buku tersebut sudah dilarang edar sejak Januari.

“Pemerintah berkomitmen mencegah penyebaran unsur-unsur yang merusak moral masyarakat yang secara tidak langsung dapat berkontribusi pada pengikisan ras dan bangsa,” ungkap KDN. (arrahmah)
Baca juga :