Emir Qatar menyumbangkan $13,7 juta untuk korban gempa Turki-Suriah, Total donasi yang digalang TV Qatar mencapai $45,36 juta (Rp 680 Miliar)

[PORTAL-ISLAM.ID]  DOHA – Emir Qatar Sheikh Tamim Bin Hamad Al-Thani pada Jumat malam menyumbangkan 50 juta riyal Qatar ($ 13,7 juta) sebagai bagian dari kampanye Awn wa Sanad (bantuan dan dukungan) Qatar untuk membantu mereka yang terkena dampak gempa bumi di Suriah dan Turki, yang menyebabkan puluhan ribu korban.

Kementerian Wakaf dan Urusan Islam Qatar menyumbangkan sepuluh juta riyal ($ 2,7 juta) untuk kampanye tersebut, menurut Sheikh Dr Khaled Bin Mohammed Bin Ghanem Al-Thani, direktur jenderal Direktorat Jenderal Wakaf di Kementerian Wakaf dan Urusan Islam, dalam sebuah wawancara melalui telepon dengan Qatar TV.

Hingga Jumat (11/2/2023), Donasi yang terkumpul dari kampanye ini mencapai lebih dari 168 juta riyal Qatar ($45,36 juta) atau Rp 680 Miliar lebih.

Sebelumnya, Qatar TV meluncurkan kampanye bantuan mendesak dengan judul Awn wa Sanad untuk mengumpulkan donasi untuk mendukung mereka yang terkena dampak gempa bumi dahsyat.

Di akun Twitter, Qatar TV men-tweet sebuah video yang mengajak semua orang untuk menyumbang pada kampanye tersebut, yang merupakan hasil kerja sama antara Qatar Media Corporation, Qatar TV, Otoritas Regulasi untuk Kegiatan Amal, Bulan Sabit Merah Qatar, dan Qatar Charity.

Pada Senin subuh, gempa berkekuatan 7,8 skala Richter menghantam Turki selatan dan Suriah utara, diikuti beberapa jam kemudian dengan kekuatan 7,7 skala Richter dan ratusan gempa susulan yang dahsyat, yang menyebabkan kerugian besar.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan keadaan darurat untuk jangka waktu tiga bulan di sepuluh negara bagian yang terkena dampak gempa bumi, yaitu Adana, Adiyaman, Diyarbakir, Gaziantep, Hatay, Kahramanmaraş, Kilis, Malatya, Osmaniye, dan Sanliurfa, sementara provinsi Aleppo, Idlib, Latakia, dan Hama dinyatakan sebagai “zona bencana”.

Qatar memberikan bantuan awal dalam bentuk jembatan udara yang dilengkapi dengan pasokan bantuan dan perawatan kesehatan dan tim penyelamat, serta 10.000 rumah bergerak.

Bulan Sabit Merah Qatar juga meluncurkan kampanye untuk mengumpulkan dana sebesar $10 juta dan memberikan bantuan mendesak sebesar $1 juta. Kampanye serupa juga diluncurkan oleh Qatar Charity yang disebut “Bantu para korban gempa”. (arrahmah)

*Twit akun Qatar TV: Kampanye Bantuan #عون_وسند mengumpulkan 168 juta riyal untuk korban gempa di Turki dan Suriah 👇👇
Baca juga :