DIANTARA FAKTA KEKAYAAN NABI

DIANTARA FAKTA KEKAYAAN NABI

Oleh: Ahmad Syahrin Thoriq

Syeikh Abdul Fattah Salman dalam kitabnya "Amwalun Nabi Kasban wa Infaqan wa Tauritsan" mengemukakan beberapa data yang menjadi bukti kuat bahwa Rasulullah ﷺ adalah orang yang berkecukupan alias orang kaya, bahkan tepatnya sangat kaya raya.

Kalau kemudian beliau disebutkan dalam banyak riwayat kehidupannya penuh dengan kekurangan, itu bukan karena beliau dalam keadaan miskin, namun karena Rasulullah ﷺ memilih untuk zuhud dan hidup sederhana.

Menurut beliau, sisi kekayaan Nabi ﷺ juga harus dibuka dan diketahui oleh umat, agar ajaran dan keteladanan diri Rasulullah ﷺ bisa dipahami secara utuh.

Karena terkadang kemiskinan Nabi ﷺ "dieksploitasi" sedemikian rupa, sehingga menjadikan pembenaran sebagian orang untuk tidak memiliki kesungguhan dan keuletan dalam berkarya.

Bermalas-malasan, dan pada akhirnya menjadikan umat ini lemah dari sisi amal harta. Akhirnya ketika kekayaan dan sumber penopang ekonomi lainnya dikuasai oleh pihak lain, dakwah pun menjadi lemah dan umat menjadi pihak yang kalah.

1. Waqaf Nabi

Dalam kitab tersebut disebutkan bahwa diantara bukti kekayaan Nabi ﷺ adalah total waqaf tanah beliau shalallahu'alaihi wassalam yang tetap terjaga setelah beliau meninggal.

Waqaf yang ditinggalkan beliau ada 15 bidang tanah dengan harga jualnya masing-masing 25,5 kg emas.

Jadi totalnya 15 × 25,5 kg = 385,5 kg.

Jika dirupiahkan, dengan asumsi harga emas satu juta rupiah pergramnya, maka total nilai waqaf Rasulullah ﷺ adalah : Rp 385.500.000.000.

2. Perkiraan pendapatan Nabi

Data lain adalah total hasil usaha beliau ﷺ baik dari ghanimah, fai, hadiah, warisan dan lainnya yang ditaksir mencapai 1.216.346 gram emas, atau senilai 1,2 triliyun.

Harta ini dengan sebagian rinciannya dalam rupa onta 5.700 ekor, kambing 10.640 ekor, 11.000 dinar, 260.000 dirham, 800 uqiyah perak, 300 baju besi, 210 perisai, 12.000 watsaq kurma dan lainnya.

3. Biaya hidup dan Nafkah keluarga

Hal selanjutnya yang membuktikan kekayaan Nabi ﷺ adalah besarnya biaya kehidupan yang dikeluarkan beliau ﷺ untuk diri beliau sendiri, umahatul mukminin, anak-anak dan ada ratusan ahlussufah di masjid Nabawi yang beliau tanggung pembiayaannya.

Yang mana dalam kitab tersebut setelah dihitung menyentuh angka perkiraan mencapai 1.251.601 gram emas. Sebuah nilai yang sangat besar untuk kehidupan dalam kurun waktu 10 tahunan.

4. Aset rumah

Rumah milik Nabi ﷺ sering digambarkan berukuran sangat kecil. Padahal kenyataannya rumah beliau tidak hanya memiliki ruang tamu, kamar tidur dan juga dapur.

Namun juga dimungkinkan punya ruangan lainnya karena beliau memiliki peralatan pribadi dan juga ruang penyimpanan harta baitul mal yang dikelola oleh umahatul mukminin.

Di masa Muawiyah beliau membeli rumah Shafiyah dengan harga 100.000 dirham. Muawiyah juga membeli rumah Aisyah dengan harga 200.000 dirham. Berarti satu rumahnya senilai sekitar 15 Milyar. Dan Rasulullah ﷺ memiliki 9 rumah !

Masih banyak hal lain yang disebutkan dalam kitab tersebut. Termasuk nilai sedekah dan hadiah Nabi ﷺ yang juga sangat fantastis nilainya.

👇👇👇👇
Baca juga :