Jawaban Fahri Hamzah atas pertanyaan seorang Anies Mania tentang kritiknya terhadap Anies

Body
[PORTAL-ISLAM.ID] Para pendukung militan Anies Baswedan di media sosial kerap membully Fahri Hamzah karena dituduh terus menyerang Anies Baswedan.

Bukan Fahri Hamzah kalau dia menghindar dari masalah. Dia pun mengajak diskusi dengan para pendukung Anies Baswedan melalui forum Twitter Space.

Dalam forum itu, Fahri Hamzah dengan lugas memberi jawaban kenapa dia kerap mengkritik Anies Baswedan.

"Bahwa jawara-jawara demokrasi itulah yang menang. Orang-orang yang jago, kuat hatinya, kuat pikirannya, kuat jiwanya menghadapi segala pertarungan karena cintanya kepada rakyat dan bangsanya. Saya menolak followership yang memproteksi pemimpin, sehingga pemimpin itu menjadi orang-orang yang bersembunyi di balik pertengkaran kita. Kalau dia adalah pemimpin, dia turun ke lapangan, turun ke jalan, dia tunjukkan kalau dia menyala, dan kita ikut dengan dia. Bukan dia yang menikmati proteksi dalam sistem feodal," kara Fahri.

"Dan ini juga soal Kepemimpinan Islam. Pemimpin Islam itu jagoan-jagoan, bukan orang-orang yang diikuti secara membabi buta, secara taklid, pengikut-pengikutnya tidak pernah punya sikap kritis kepada pemimpinnya, sehingga pemimpinnya itu menjadi lemah dan penegcut," tegas Fahri.

SIMAK SELENGKAPNYA REKAMAN FH di diskusi Twitter Space.

*Video versi lengkap paling bawah

[Video]
Baca juga :