Update terbaru ranking FIFA setelah Piala Dunia 2022, Maroko melejit naik ke posisi 11, Siapa posisi 1? Bukan Argentina

[PORTAL-ISLAM.ID]  Update terbaru ranking FIFA setelah Piala Dunia 2022

Argentina poinnya naik +64.55 setelah juara dunia. Namun posisi Argentina berada di ranking 2. Sementara Brasil masih bertengger di posisi 1.

Maroko menjadi tim dengan peningkatan poin tertinggi (+108.88) setelah mengalahkan tim-tim raksasa di Piala Dunia 2022 dan melaju sampai semifinal, kini berada di peringkat 11.

Kenapa Brasil masih posisi 1?

Argentina tidak akan menduduki puncak Peringkat Dunia FIFA bulan ini -- meski mengalahkan Prancis untuk memenangkan Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1986.

Saingan Amerika Selatan, Brasil, telah memegang posisi No. 1 sejak Februari, ketika mereka menggulingkan posisi Belgia yang berada di puncak. 

Namun meski Brasil gagal melewati babak perempat final, hasil Argentina belum cukup untuk menyalip mereka.

Brasil memenangkan tiga pertandingan di Piala Dunia 2022, kalah dari Kamerun dan menderita kekalahan adu penalti di tangan Kroasia.

Argentina, sementara itu, memenangkan empat pertandingan, kalah satu kali dari Arab Saudi dan dua kali menang melalui adu penalti -- termasuk final pada Minggu saat mereka mengalahkan Prancis 4-2 melalui adu penalti.

Argentina memenangkan Copa America pada tahun 2021 dan sekarang menjadi juara dunia, tetapi itu tidak cukup untuk posisi No.1. 

Kemenangan lewat adu penalti bernilai poin peringkat jauh lebih sedikit daripada kemenangan waktu normal. 

Jika Argentina atau Prancis memenangkan final dalam waktu 120 menit, mereka akan menjadi No. 1, tetapi adu penalti menjamin Brasil tidak dapat disalip.

Argentina dan Prancis masing-masing naik satu tempat ke posisi kedua dan ketiga, sementara Belgia turun dua tempat ke posisi keempat setelah gagal lolos dari babak penyisihan grup. Inggris tetap di urutan kelima, dengan sesama perempat finalis Belanda naik dua tempat ke urutan keenam.

Lari Kroasia ke tempat ketiga di Piala Dunia melihat mereka sebagai pemanjat terbesar ke 10 besar, naik lima tingkat dari posisi ke-12. Italia, yang gagal lolos ke Qatar, turun dua peringkat ke peringkat delapan. Portugal tidak berubah di peringkat kesembilan, dengan Spanyol turun tiga peringkat ke peringkat 10.

Pendaki terbesar adalah Maroko yang naik 11 peringkat. Maroko sekarang menjadi tim Afrika peringkat teratas di urutan ke-11.

New FIFA Ranking top 20:
1. Brazil
2. Argentina
3. France
4. Belgium
5. England
6. Netherlands
7. Croatia
8. Italy
9. Portugal
10. Spain
11. Morocco
12. Switzerland
13. USA
14. Germany
15. Mexico
16. Uruguay
17. Colombia
18. Denmark
19. Senegal
20. Japan