Lula da Silva, Pendukung Utama Palestina yang Berhasil Memenangkan Pilpres Brasil

[PORTAL-ISLAM.ID]  Lula da Silva menjadi sorotan usai berhasil mengalahkan petahana Jair Bolsonaro dalam pemilihan presiden Brasil pada Minggu (30/10/2022).

Dalam pilpres itu, Lula mengantongi 50,9 suara, sementara Bolsonaro 49,1 persen. Pelantikan pemimpin Brasil itu akan berlangsung pada 1 Januari mendatang.

Palestina menyambut gembira

Pejabat Palestina menyambut kemenangan Luiz Inácio Da Silva (Lula) dalam Pemilu Presiden melawan Presiden petahana Jair Bolsonaro akhir pekan ini. Kemenangan Lula diharapkan akan meningkatkan dukungan global untuk Palestina.

Ahmad al-Deek dari Kementerian Luar Negeri Palestina menyambut gembira kemenangan Da Silva yang dikenal dengan dukungannya kepada Palestina dan rakyat Palestina selama ini.

“Da Silva dikenal karena dukungannya terhadap perjuangan Palestina; pandangannya selaras dengan resolusi PBB,” kata Al-Deek dilansir dari The New Arab, Senin (31/10/2022).

Salem Mefreh (65 tahun), mantan wali kota sebuah kota kecil dekat Betlehem, sangat gembira melihat Da Silva memenangkan pemilihan untuk mendukung Palestina. Lula disebut sebagai sosok yang bangkit dari awal yang sederhana dan sekarang memimpin salah satu ekonomi terbesar di dunia.

"Dia adalah pria untuk orang-orang miskin, dan dia mengangkat perekonomian Brasil. Saya berharap orang-orang di sini bisa seperti dia," tambah Mefreh.

Sementara itu, Mustafa Barghouti, pemimpin Inisiatif Nasional Palestina, mengatakan kepada TNA bahwa kemenangan pemilihan Da Silva akan meningkatkan dukungan global untuk Palestina dan membuka jalan bagi dunia multi-kutub.
Baca juga :