Survei Litbang Kompas: Suara Nasdem Diprediksi Naik Setelah Dukung Anies

[PORTAL-ISLAM.ID]  Hasil survei litbang kompas menunjukkan elektabilitas Partai Nasdem akan mengalami peningkatan pada Pileg 2024 mendatang. 

Hal ini setelah partai politik (parpol) besutan Surya Paloh itu mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024.

"Hasil jajak pendapat Kompas mencatat, sebagian besar responden (49,5 persen) meyakini apa yang dilakukan Nasdem dengan mendeklarasikan nama Anies sebagai bakal capresnya, misalnya, diyakini akan mampu menaikkan perolehan suara Nasdem pada Pemilu 2024," kata peneliti Litbang Kompas, Rangga Eka Sakti dikutip Harian Kompas, Senin (10/10/2022).

Ia menjelaskan, Partai Nasdem pernah merasakan hal serupa saat mereka mengusung Joko Widodo sebagai capres pada Pilpres 2014 dan 2019 lalu.

"Terbukti memberikan insentif elektoral kepada Nasdem sehingga Nasdem berhasil masuk dalam jajaran parpol papan tengah dalam konfigurasi perolehan suara dan kursi dari pentas politik nasional," ujar Rangga.

Atas dasar itulah, ia meyakini bahwa Nasdem juga mengharapkan efek elektoral yang sama ketika mencalonkan Anies. 

Terlebih dalam beberapa survei Litbang Kompas sebelumnya elektabilitas Anies meningkat.

Sebagai informasi, survei itu dilakukan Litbang Kompas pada 4-6 Oktober 2022.

Sebanyak 508 responden dari 34 provinsi berhasil diwawancara.

Sampel ditentukan secara acak dari responden panel Litbang Kompas sesuai proporsi jumlah penduduk di tiap provinsi.

Tingkat kepercayaan survei yaitu 95 persen, dengan margin of error lebih kurang 4,35 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana.