Anies Baswedan: Saya mengajak kepada semuanya, lupakan peta 2019, kita buat peta baru untuk 2024

[PORTAL-ISLAM.ID]  Calon Presiden (Capres) 2024 Anies Baswedan terus menuai dukungan dari berbagai kalangan. Kali ini mantan gubernur DKI Jakarta itu didukung oleh kelompok relawan yang menamakan dirinya Go-Anies. 

Mereka menggelar deklarasi dukungan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Minggu (23/10/2022).

Deklarasi yang dihadiri ratusan orang tersebut dihadiri langsung oleh Anies Baswedan, dan sejumlah tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Anies Baswedan mengucap terima kasih atas dukungan Relawan Go-Anies, yang siap memenangkannya di Pilpres 2024. Ia juga menegaskan, untuk bisa meraih kemenangan di peraturangan pilpres, tentu saja tidak cukup dengan pemaparan visi-misi.

“Visi-misi itu harus disandingkan dengan rekam jejak yang baik, khususnya untuk masyarakat. Jadi visi-misi baru kredible jika disandingkan dengan rekam jejak. Tanpa rekam jejak, visi-misi hanya sebatas imajinasi belaka,” kata Anies disambut tepuk tangan Relawan Go-Anies.

Anies juga mengungkapkan, Relawan Go-Anies harus mampu merangkul masyarakat dengan mengedepankan tujuan dari konstitusi negara ini.

“Ujungnya yang harus dikerjaan yakni, latar belakang dari konstitusi bernegara. Kita harus mampu menghadirkan ‘Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia,” tegas Anies Baswedan.

Tak sampai disitu, Anies berharap Relawan Go-Anies mampu membuat road map atau peta baru di Pilpres 2024. Karena menurutnya, sulit membangun kesetaraan dan persatuan jika ada ketimpangan.

“Dalam situasi menuju fase 2024, mari kita ajak semuanya, lupakan peta 2019, kita buat peta baru untuk 2024. Jangan terbawa pada peta lama, bawa peta baru, jangkau semua, libatkan semua kalangan. Jangan batasi, seluruh anak bangsa harus dilibati semua,” ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Lebih lanjut, cucu Pahlawan Nasional AR Baswedan itu menegaskan, dengan peta baru di Pilpres 2024, diharapkan Go-Anies bisa membawa kemenangan untuk masyarakat Indonesia.

“Kita buat peta baru, apa yang kita ingin, bukan hanya visi-misi, karena itu bisa di karang. Tapi rekam jejak tak bisa di karang. Apa yang kita tawarkan bisa kredibilitas, jika tak ada rekam jejak itu hanya imajinasi,” tutup Anies.

Dihadiri Politikus Golkar

Acara itu turut dihadiri oleh sejumlah politikus Partai Golkar.

Salah satu politikus partai berlambang pohon beringin yang hadir ialah Sofhian Mile dan Andi Sinulingga. Bahkan, Koordinator Nasional Go-Anies, Sirajuddin Abdul Wahab mengaku dirinya masih berstatus sebagai kader Golkar.

"Saya memang kader Golkar," kata Sirajuddin saat ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Minggu (23/10/2022).

Kendati begitu, dia menegaskan Relawan Go-Anies bukanlah gerakan yang diinisiasi Partai Golkar. Menurutnya, ini merupakan bagian dari haknya memilih siapapun menjadi Presiden 2024 mendatang.

"Ini menjadi hak konstitusional saya untuk memilih siapapun nanti untuk menjadi presiden di 2024," tegasnya.

Sirajuddin menjelaskan rakernas ini turut dihadiri oleh 20 perwakilan relawan Go-Anies di daerah-daerah. Sebagai tindak lanjut dari rakernas, pihaknya segera membuka posko relawan mulai awal tahun 2023 mendatang.

"Jadi yang hadir 20 DPD yang sudah kita bentuk dan kita serahkan mandat, setelah itu teman-teman korda di daerah untuk melakukan pembentukan Go-Anies di tiap provinsi sampai nanti kab/kota, kecamatan, sampai RT/RW," jelasnya.

"Selanjutnya kita akan buka posko relawan yang sukarela. Jadi siapa saja boleh daftar untuk jadi bagian dari relawan Go-Anies," tambahnya.

Dia memandang, terbentuknya Relawan Go-Anies berasal dari semangat perubahan untuk 2024 mendatang. Di samping itu, para relawan sepakat ingin menjadi bagian dari perjalanan Anies sebagai pemimpin bangsa pada 2024 mendatang.

"Ini menjadi bagian dari semangat perubahan yang ingin kita ada semua kelompok masyarakat untuk menjadi bagian perubahan 2024 dan alhamdulillah pilihan kami, sudah menjadi bagian daripada perjalanan sejarah Mas Anies untuk memimpin Indonesia di 2024," tandasnya.

Anies Disematkan Rompi Kuning

Dalam acara Rakernas Go-Anies itu, Anies juga disematkan rompi kuning oleh relawan. Anies awalnya hanya memakai kemeja berwarna putih. Sedangkan para relawan telah memakai rompi dan jaket kuning bertuliskan Go-Anies Presiden untuk Semua.

(Sumber: Jawapos, Detikcom)