TUMBUH PESAT BISNIS KULINER PUTRA PRESIDEN

TUMBUH PESAT BISNIS KULINER PUTRA PRESIDEN

Dalam tiga tahun, bisnis Mangkokku bertumbuh pesat. Setelah mendapat pendanaan, mereka berencana berekspansi lebih masif. 

Bermula dari gerai pertama yang berdiri di Tanjung Duren, Jakarta Barat, dengan 15 pegawai pada 2019, kini Mangkokku telah mengoperasikan 50 cabang di wilayah Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Malang, Semarang, dan Solo. Mengandalkan puluhan menu berbasis nasi dalam mangkuk (rice bowl), Mangkokku mengklaim mampu menyajikan lebih dari 4 juta porsi makanan setiap tahun melalui pemesanan secara daring dan luring.

Pesatnya pertumbuhan bisnis Mangkokku itulah yang membuat perusahaan modal ventura Alpha JWC Ventures, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk alias Emtek, dan Cakra Ventures mengucurkan modalnya. Awal pekan ini, Mangkokku mengumumkan mendapat pendanaan seri A sebesar US$ 7 juta, atau setara dengan Rp 101 miliar, dari tiga investor tersebut.

Dua tahun lalu, Mangkokku juga mendapat suntikan pendanaan awal dari Alpha JWC Ventures sebesar US$ 2 juta. Pendanaan tersebut diraih setahun setelah perusahaan kuliner itu diluncurkan pada 2019 oleh Chief Executive Officer Randy Julius Kartadinata dan juru masak Arnold Poernomo, dengan menggandeng dua anak Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka serta Kaesang Pangarep, sebagai penasihat.

“Sebagai sebuah startup, Mangkokku telah berhasil tumbuh dengan sehat dan pesat meski harus menghadapi tantangan selama masa pandemi,” ujar Randy Kartadinata dalam keterangan tertulis. 

Teranyar, gerai yang menjual nasi dengan aneka pilihan lauk-pauk ini juga baru meluncurkan gerai flagship di Mal Sarinah, Jakarta Pusat. Hal ini dilakukan sebagai upaya menyambut kembali pelanggan untuk makan di restoran setelah situasi pandemi Covid-19 mereda.

Sejumlah rencana ekspansi telah masuk ke kalender perusahaan, antara lain pembukaan gerai-gerai restoran baru sambil terus menambah gerai cloud kitchen (dapur khusus untuk melayani pesan-antar makanan) di kota-kota baru. Perseroan menargetkan membuka gerai ke-100 pada tahun ini dan menambah seratus gerai lainnya pada 2023.

Di samping itu, perusahaan milik dua anak Jokowi ini bakal meluncurkan aplikasi digital pada akhir 2022. Aplikasi ini akan menyediakan layanan pesan-antar, ambil sendiri, program loyalitas, serta promosi khusus.

Tak berhenti di penambahan jumlah gerai, Randy mengatakan perseroan juga akan dibentuk menjadi perusahaan dengan ekosistem yang lengkap. Untuk itu, Mangkokku juga meluncurkan perusahaan holding, yakni Nusantara Culinary Group.

“Rice bowl adalah titik awal kami dan sekarang kami siap mengambil langkah selanjutnya. Di bawah naungan holding company Nusantara Culinary Group, kami akan menghadirkan lebih banyak hidangan lezat dari dapur kami,” kata dia.

Co-Founder & Managing Partner Alpha JWC Ventures, Jefrey Joe, menilai sektor kuliner memiliki potensi besar di Indonesia dan masih menjadi salah satu sektor yang menjanjikan bagi investor. “Mengingat besarnya populasi Indonesia dan banyaknya variasi kuliner yang bisa dieksplorasi,” ujar dia kepada Tempo, kemarin.

(Sumber: Koran Tempo, 10-6-2022)
Baca juga :