Ini Kronologi Penemuan Jenazah Eril di Bendungan Engehalde Bern Swiss

[PORTAL-ISLAM.ID]  Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) putra Ridwan Kamil telah ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss.

Jenazah Eril ditemukan pada Rabu (8/6/2022) pagi waktu setempat.

Duta Besar RI di Swiss, Muliaman Darmansyah Hadad menjelaskan kronologis penemuan jenazah Eril oleh kepolisian Bern.

Jenazah Eril ditemukan pada pukul 06.50 waktu Swiss atau 11.50 WIB. Kemudian Kepolisian Bern menyampaikan informasi ke pihak KBRI Bern dan keluarga Ridwan Kamil di Swiss.

Selanjutnya sesuai prosedur yang berlaku di Swiss, tim forensik kepolisian mengidentifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan jasad itu adalah jasad Eril.

Pada hari Kamis 9 Juni 2022, polisi mengonfirmasi, berdasar tes DNA jenazah yang ditemukan tersebut adalah jenazah Eril.

Pukul 13.45 siang waktu Swiss (18.45 WIB tadi malam), Polisi Bern merilis keterangan resmi soal penemuan jenazah. Kemudian pihak kepolisian menyampaikan berkas ke pengadilan untuk serah terima jenazah Eril ke keluarga Eril.

“Siang hari pihak pengadilan memberikan kewenangan bagi keluarga untuk menerima jenazah Eril. KBRI Bern memastikan bahwa penghormatan hak ananda Eril terpenuhi sesuai syariat Islam,” kata Duta Besar Muliaman dalam konferensi pers, Kamis (9/6/2022) malam, dilansir INILAH.

Untuk selanjutnya, KBRI Bern akan terus mendampingi keluarga dalam pengurusan kepulangan Eril ke Tanah Air. Pihak keluarga menyampaikan jenazah Eril dijadwalkan tiba di Tanah Air pada Sabtu, 11 Juni atau Minggu, 12 Juni 2022. 

*NB: Istri Ridwan Kamil atau Ibunya Eril, Atalia di akun twitternya menginformasikan tes DNA jenazah Eril yang hasilnya sama dengan DNA Atalia (orangtuanya). 

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ