Tanah yang Tandus tapi Makmur dan Berkah

Tanah yang Tandus tapi Makmur dan Berkah

Negara Saudi, Qatar dll dahulunya sekitar tahun 80-90 an adalah negara yang tidak kaya bahkan menengah ke bawah. Banyak penduduk Saudi yang "cari pekerjaan" ke Mesir karena Mesir saat itu salah satu negara Arab yang memiliki ekonomj yang lebih baik dibanding sekitarnya. Sejak ditemukan potensi minyak bumi, keadaan berbalik. Penduduk Mesir yang mulai cari pekerjaan ke Saudi terutama sejak gejolak politik besar di Mesir.

Tanah yang tandus tapi makmur dan berkah....

Semoga Indonesia segera menyusul menjadi kaya, makmur dan berkah dengan sumber daya alam dan manusia yang melimpah. Dikarenakan tauhid, takwa dan iman penduduknya, Allah akan membuka berkah dari langit dan membuat makmur penduduknya.

Melihat gambar-gambar haji zaman dahulu di bandingkan zaman sekarang, sangat terlihat bahwa dahulu negara Arab Saudi adalah negara yang tidak kaya (bahkan cenderung terlihat ekonomi rendah).

Saat ini Saudi termasuk negara dengan ekonomi yang baik. Saudi tidak kaya karena devisa haji (visanya free). Saudi baru kaya setelah ditemukan minyak.

Coba lihat sebelum di temukan minyak, Saudi ekonominya rendah. Pelaksanaan haji sudah dari dulu, kalau memang devisa haji bikin Saudi kaya, maka sudah dari dulu sekali Saudi kaya.

Sangat susah masuk logika orang dahulu (jika sangat mendewakan akal), bagaimana Saudi dan negara timur-tengah sekitar bisa maju dan ekonomi kuat, sedangkan sumber daya alam nya berupa mayoritas padang pasir dan tandus, tetapi mereka sangat yakin dengan Allah. Apabila penduduk bertakwa dan berimana, berkah dan rezeki akan Allah turunkan.

Allah Ta’ala berfirman,

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَ‌ىٰ آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِم بَرَ‌كَاتٍ مِّنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْ‌ضِ وَلَـٰكِن كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُم بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

“Seandainya penduduk negeri-negeri BERIMAN dan bertakwa, pastilah Kami akan limpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mengingkari, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (QS. Al-A’raf: 96)

Termasuk keajaiban Al-Quran, menyebutkan doa nabi Ibrahim, memohon agar Allah memberikan rezeki berupa buah-buahan bagi penduduk Mekkah dan sekitar. Tentu logika orang dahulu sangat sulit percaya, namun sekarang hal ini sudah terjadi, buah-buahan sangat banyak dan melimpah untuk sebuah daerah tandus.

Doa Nabi Ibrahim,

وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ اجْعَلْ هَٰذَا بَلَدًا آمِنًا وَارْزُقْ أَهْلَهُ مِنَ الثَّمَرَاتِ مَنْ آمَنَ مِنْهُمْ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ

“Dan (ingatlah) ketika Ibrahim bedo’a : Wahai, Rabbku, jadikanlah negeri ini negeri aman sentausa dan berikanlah rizki dari BUAH-BUAHAN kepada penduduknya yang beriman diantara mereka kepada Allah dan hari kemudian”. [Al-Baqarah : 126]

Semoga negara kita, Indonesia tercinta diberikan keberkahan dan kemakmuran dengan TAUHID yang ditunaikan dan didakwahkan oleh penduduk Indonesia. Kalau negara tandus saja bisa, insyaallah negara kita lebih bisa lagi. Aamiin yaa rabbal 'aalamiin.

(Oleh: Ustadz Raehanul Bahraen)

Baca juga :