Anies Baswedan Diberi Gelar 'Tuan Penata Negara' Oleh Masyarakat Adat Tubaba

[PORTAL-ISLAM.ID]  LAMPUNG - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat gelar 'Tuan Penata Negara' dari masyarakat adat Tulang Bawang Barat (Tubaba), Provinsi Lampung. 

"Bahagia sekali dapat kembali ke Tulang Bawang Barat (Tubaba). Kemarin 8 Mei 2022, kembali ke Tubaba untuk menerima Pemberian Gelar Kehormatan Adat Lampung Pepadun Tuan Penata Negarou (Tuan Penata Negara) dari Federasi Adat Marga Empat (Marga Pak) Tulang Bawang Barat," kata Anies, Senin (9/5/2022), di akun Instagramnya @aniesbaswedan.

Anies kemudian menceritakan momen pertama kali menyambangi Tubaba pada 11 November 2020.

"Tulang Bawang Barat adalah daerah yang spesial bagi kami. Masih ingat betul pertama kali menginjakkan kaki di tanah Tubaba, 11 November 2010 silam. Kami mengantarkan beberapa anak muda, sarjana-sarjana terbaik yang bersedia menjadi pengajar di tempat-tempat yang penuh dengan tantangan. Gerakan yang kita sebut Indonesia Mengajar," paparnya.

Pada 2009, Anies Baswedan yang saat itu menjabat Rektor Universitas Paramadina mendirikan gerakan Indonesia Mengajar yang merupakan sebuah lembaga nirlaba yang merekrut, melatih, dan mengirim generasi muda terbaik bangsa ke berbagai daerah di Indonesia untuk mengabdi sebagai Pengajar Muda (PM) di Sekolah Dasar (SD) dan masyarakat selama satu tahun. 

Anies Baswedan menjadikan gerakan Indonesia Mengajar sebagai ikhtiar untuk ikut berperan aktif mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai wujud upaya melunasi janji kemerdekaan.

Anies menuturkan Tubaba merupakan kabupaten yang bersedia menerima angkatan pertama Indonesia Mengajar. Dia bersyukur atas sambutan warga Tuaba saat itu yang terbuka untuk kemajuan pendidikan.

Eks Mendikbud itu kemudian menceritakan pertemuannya dengan Umar Ahmad yang kala itu menjabat Wakil Bupati. Anies mengatakan Tubaba merupakan Kabupaten baru hasil pemekaran.

"Ketika tiba di desa penempatan, mobil sulit bergerak karena jalan berlumpur berat. Pada 2015 sempat kembali ke Tubaba, ketika Indonesia Mengajar di Tubaba tuntas pada 2015. Program ini memang dirancang untuk lima tahun saja agar selanjutnya masyarakat di sini tumbuh berkembang. Alhamdulillah, Pak Umar Ahmad yang kemudian menjadi Bupati Tubaba, sangat peduli dengan pendidikan dan berhasil menginisiasi program Tubaba Cerdas," paparnya.

Anies lalu menjabarkan saat kunjungan Umar ke Balai Kota. Saat itu Anies sudah menjabat sebagau Gubernur DKI. Dan, Umar sudah menjabat sebagai Bupati.

"Beberapa waktu lalu Pak Bupati gantian bersilaturahmi ke balai kota. Beliau menyampaikan pesan ada sebuah gelar kehormatan yang hendak dianugerahkan dari #Tubaba. Dari hati yang paling dalam kami sampaikan apresiasi, terima kasih atas kehormatan yang diembankan kepada kami. Insyaallah akan kami jalani dengan sebaik-baiknya. Tulang Bawang Barat akan selalu menjadi bagian penting dalam perjalanan hidup kami, sebuah tempat yang memberikan kesan amat mendalam. Insya Allah ini bukan kali terakhir kita memanjangkan silaturahmi ini," kata Anies.

"Semoga kemajuan bagi Kabupaten Tulang Bawang Barat akan terus terjadi dan keberkahan akan bisa melimpah kepada semua yang berada di Kabupaten #TulangBawangBarat," pungkas Anies.

[IG]